Sukses


Erick Thohir Terinspirasi Bangun Generasi Emas Timnas Indonesia dari Sepak Bola Jerman

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir menjajaki kerja sama dengan asosiasi sepak bola Jerman (DFB). Sukses Die Mannschaft dalam membangun generasi emas menjadi sumber inspirasi untuk Timnas Indonesia.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu telah tiba di Jerman pada Rabu (7/6/2023) siang waktu setempat. Ia datang bersama Waketum PSSI I, Zainudin Amali.

"Ada beberapa kerjasama yang akan kami lakukan bersama Jerman. Seperti halnya dengan Jepang, kami ingin membangun benchmarking sepak bola baik Timnas ataupun liga," ujarnya.

Demi percepatan pembangunan sepak bola nasional, pria yang akrab disapa ET ini juga bakal mendatangkan Direktur Teknik (Dirtek) Timnas Indonesia asal Jerman. Ia juga mengincar kerja sama dalam hal youth development.

"Pemain U16, U17 atau U20, kalau liga berhenti, pemain yang sudah terseleksi kami berangkatkan ke Jerman selama satu bulan untuk bertanding. Kemudian balik lagi," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Fokus Pembangunan Sepak Bola Nasional Era Erick Thohir

Pria berusia 53 tahun itu sebelumnya telah bertemu Presiden RI, Joko Widodo. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan garis besar percepatan pembangunan sepak bola nasional.

Ia menyebut ada empat komponen yang mesti dikerjakan bersamaan. Keempatnya komponen itu diharapkan bakal membentuk skuad Timnas Indonesia jauh lebih garang "Sport science enggak boleh enggak ada sekarang.

Setelah itu, infrastruktur termasuk training center yang ada di Nusantara dan yang dibangun pemerintah serta 22 stadion yang akan direnovasi untuk VAR dan segala macamnya," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Lanjutkan Program Sebelumnya

"Ketiga, program berkelanjutan. Contoh yang sudah dilakukan pak Zainudin ketika jadi Menpora adalah mengirimkan tim-tim kita ke luar negeri. Program berkelanjutan ini yang kita lakukan sekarang," ucapnya.

"Dari tim U16, U17, U23 dan lawan Argentina itu program berkelanjutan. Enggak boleh nanti pelatih grup ini dan grup ini enggak bicara, enggak boleh itu harus jadi satu payung," imbuh Erick.

4 dari 4 halaman

Cari Dana Segar

PSSI juga akan mencari sumber dana lain untuk menunjang kegiatan mereka. Mereka tak ingin lagi hanya mengandalkan pemerintah dan ingin lebih mandiri.

"Terakhir pendanaan. PSSI juga mencari dana sekarang. Dukungan pemerintah tetap diperlukan dan juga dari privat sektor swasta yang mau membangun Merah Putih," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer