Sukses


6 Pemain Naturalisasi yang Dipercaya Shin Tae-yong sejak Melatih Timnas Indonesia: Bisa Bertambah Lagi Nih

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil tujuh pemain naturalisasi untuk beruji coba dengan Timnas Palestina dan Timnas Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023.

Tujuh pemain naturalisasi yang ada di Timnas Indonesia saat ini adalah Stefano Lilipaly, Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Jumlah pemain naturalisasi di Timnas Indonesia ini menjadi rekor sejak dilatih Shin Tae-yong pada 2020. Sebelumnya, arsitek asal Korea Selatan itu terbanyak menyertakan tiga pemain naturalisasi pada Piala AFF 2022.

Namun, dari tujuh pemain naturalisasi Timnas Indonesia sekarang, hanya Lilipaly, Klok, dan Jordi Amat yang sudah bermain buat Timnas Indonesia. Sementara, sisanya masih menunggu debut karena belum lama dinaturalisasi.

Bola.com merangkum terdapat enam pemain naturalisasi yang pernah dimainkan Shin Tae-yong setelah menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2020. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo menjadi anggota tetap Timnas Indonesia di Play-off Piala Asia 2023 pada Oktober 2021. Bek Persib Bandung itu bermain selama 90 menit ketika dua kali mengalahkan Chinese Taipei.

Igbonfeo juga bermain ketika Timnas Indonesia beruji coba dengan Afghanistan pada November 2021 dan melawan Kamboja di Piala AFF 2020. Namun sejak saat itu, pemain kelahiran Nigeria ini tidak pernah lagi dilirik.

3 dari 7 halaman

Ilija Spasojevic

Butuh waktu selama lima tahun buat Ilija Spasojevic untuk kembali ke Timnas Indonesia setelah mencatatkan debutnya pada November 2017. Penyerang asal Bali United itu diangkut Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022.

Namun, Spasojevic tampil kurang menggigit di Piala AFF 2022. Mendapatkan kesempatan beraksi lima kali, striker kelahiran Montenegro itu hanya mampu membuat satu gol dan satu assist.

4 dari 7 halaman

Ezra Walian

Timnas Indonesia krisis striker pada dua tahun awal Shin Tae-yong melatih. Kehadiran Ezra Walian waktu itu diharapkan menjadi solusi di lini depan dan dapat menjadi mesin gol.

Akan tetapi, Ezra Walian gagal membayar kepercaayaan Shin Tae-yong. Penyerang kelahiran Belanda itu bermain delapan kali, termasuk di Piala AFF 2020, namun cuma bisa menyumbangkan tiga gol dan satu assist.

5 dari 7 halaman

Marc Klok

Sejak menjalankan debutnya pada Juni 2022, Marc Klok hanya sekali tidak diturunkan Shin Tae-yong dalam 14 pertandingan Timnas Indonesia, termasuk di Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2022.

Marc Klok juga hanya sekali bermain dari bangku cadangan dari total 13 caps dengan Timnas Indonesia hingga saat ini. Gelandang kelahiran Belanda itu mampu menorehkan empat gol dan satu assist.

6 dari 7 halaman

Stefano Lilipaly

Kepercayaan Shin Tae-yong terhadap Stefano Lilipaly naik turun. Sempat dipanggil untuk FIFA uji coba dan Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022, nama gelandang asal Borneo FC Samarinda itu kembali menghilang.

Setelah melewatkan FIFA Matchday September 2022 dan Piala AFF 2022, Lilipaly kembali ke Timnas Indonesia untuk dua uji coba melawan Burundi. Pemain kelahiran Belanda itu tampil mengesankan sehingga tidak ada alasan buat Shin Tae-yong menepikannya lagi.

7 dari 7 halaman

Jordi Amat

Sepak terjang Jordi Amat selaras dengan kualitasnya setelah dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia. Bek kelahiran Spanyol itu menjadi pemain kesayangan Shin Tae-yong.

Sejak melakoni penampilan pertamanya dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Jordi Amat sudah membukukan enam laga. "Dia adalah orang yang benar-benar tahu cara menendang bola," kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Video Populer

Foto Populer