Sukses


Nova Arianto Ungkap Kelemahan Pemain Timnas Indonesia U-16: Mental Kurang, Fisik Buruk

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkapkan kelemahan para pemain dalam tiga gelombang seleksi di Jakarta sejak pertengahan Februari 2024.

Nova tengah menggelar seleksi Timnas Indonesia U-16 di Jakarta sejak pertengahan Februari 2024. Sejauh ini, arsitek berusia 45 tahun itu telah memanggil 98 pemain.

Nova menyoroti mental dan fisik pemain seleksi Timnas Indonesia U-16 yang buruk. Nakhoda kelahiran Semarang, Jawa Tengah, ini masih belum puas dengan kondisi para personil.

"Hampir sama di timnas senior. Secara mental, saya bilang sangat-sangat kurang. Dalam arti, saat memaksa ketika mereka lelah, mereka tidak mau memaksa itu," ujar Nova.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Analisis Nova Arianto

"Sebab, secara fisik, mengapa kami melakukan tes VO2 Max, kita bisa melihat secara garis besar, fisik pemain sangat buruk," imbuh Nova.

"Sehingga, saya melihat mereka bermain 2x25 menit saja banyak yang keram," tutur pria yang juga menjadi asisten pelatih timnas senior dan U-23 tersebut.

Nova menilai, para pemain justru bisa kuat bermain selama 2x35 menit di Elite Pro Academy (EPA) hingga Piala Soeratin. "Analisis kami, mereka bisa mengatur kapan mau joging, jalan, atau lari," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Kebutuhan Nova Arianto

"Tetapi saya bilang, kalau di sini, kalau mereka ingin masuk ke Timnas Indonesia U-16, mereka harus bermain dengan filosofi saya," ungkap Nova.

Nova sedang mencari pemain terbaik ke Timnas Indonesia U-16 yang akan berkancah di Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada sepanjang tahun ini.

"Saya membutuhkan pemain-pemain yang mempunyai fisik dasar. Saya melihat fisik dasar mereka masih jauh dari harapan," terang Nova, yang baru ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 itu.

Video Populer

Foto Populer