Sukses


Calvin Verdonk Bocorkan Kualitasnya sebagai Bek Kiri: Jadi Pesaing Berat Pratama Arhan di Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Pemain keturunan Indonesia yang kini tengah berkarier di Liga Belanda, Calvin Verdonk, mengungkapkan sejumlah kualitasnya yang bisa menjadi tambahan kekuatan bagi Timnas Indonesia.

Jika melihat kiprahnya bersama NEC Nijmegen musim ini, Calvin Verdonk memang memiliki karakter multi-posisi. Selain biasa beroperasi sebagai bek kiri, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu juga bisa mengisi bek tengah.

"Ya, saya bermain hampir pada semua pertandingan di posisi bek kiri. Namun, terkadang saya juga masih bermain di bek tengah juga. Jadi aku bisa bermain di dua posisi itu," kata sang pemain di kanal YouTube Yussa Nugraha.

"Namun, saya memang merasa lebih senang bermain di posisi bek kiri. Karena, jika bermain di posisi itu, saya bisa bermain lebih ofensif. Jadi, saya lebih senang bermain sebagai bek kiri," tambah Calvin Verdonk.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kualitas Mumpuni

Pemain berusia 26 tahun itu mengatakan, atribut terbaiknya sebagai bek kiri ialah agresivitas ketika bertahan. Dia cukup tangguh ketika merebut bola dari lawan karena ditopang kualitas tekelnya.

Tak hanya itu, karakter ofensif juga membantunya ketika ikut menyerang. Jika mendapat kesempatan menjadi eksekutor bola mati, dia bisa memaksimalkan peluang ini untuk menjebol gawang lawan.

"Musim ini berjalan dengan sangat baik. Saya bermain nyaris di semua pertandingan dan memberi kontribusi yang penting untuk tim. Saya pikir itu momen terindah bagiku," ujar Calvin Verdonk.

"Saya merasa sangat agresif saat bertahan. Saya juga sangat bagus saat merebut bola. Tekel saya juga baik. Saya juga punya tendangan yang bagus, jadi saya bisa mencetak gol dengan free kick, Dan juga crossing yang bagus. Saya pikir itu kualitas saya," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Target Pribadi

Sepanjang musim 2023/2024, pemain kelahiran 26 April 1997 itu sudah menghasilkan dua gol dan tiga assist di lintas ajang, baik itu Eredivisie hingga KNVB Beker. Dia berharap bisa menambah koleksinya itu.

"Target pribadi saya pada musim ini ialah mencetak gol lebih banyak. Sejauh ini, saya sudah mencetak dua gol musim ini dan juga tiga assist. Target saya bisa mencetak dua atau tiga gol dan tiga hingga empat assist lagi," ujarnya.

"Selain target itu, saya juga ingin bermain di semua pertandingan secara penuh juga. Saya akan berusaha supaya tidak diganti dalam sebuah pertandingan. Kalau target bersama tim, saya ingin menjuarai Piala KNVB," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Berusaha Lebih Baik

Pemain yang memperoleh darah Indonesia dari ayahnya itu berharap, kemampuannya bisa terus meningkat. Dia ingin lebih ofensif agar memberikan kontribusi terbaik untuk NEC Nijmegen.

"Saya masih butuh perkembangan di aspek ofensif. Saya harus bisa lebih menyerang untuk bisa mencetak gol dan memberikan assist. Saya juga harus punya fisik yang lebih bugar," ujar Calvin Verdonk.

"Supaya bisa berlari lebih banyak untuk membantu menyerang. Menurut saya, statistik saya harus lebih bagus seperti yang tadi saya bilang, harus lebih banyak gol dan assist," tambahnya.

Video Populer

Foto Populer