Sukses


Hasil Rapat Exco PSSI Tetapkan Kongres Digelar 10 Juni 2024 dan Rencana Datangkan Wasit dari Inggris serta Jepang

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, dalam rapat Exco PSSI yang digelar pada Rabu (3/4/2024) di Jakarta, menetapkan jadwal kongres PSSI. Selain itu, dibahas pula mengenai transformasi wasit Indonesia.

Dalam rapat Exco PSSI tersebut, diputuskan bahwa kongres PSSI akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024. Di mana pada kongres tersebut akan dibahas pemaparan program kerja tahun 2025 serta audit keuangan PSSI.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri pengelola liga, dibahas untuk pengaturan jadwal Liga sepak bola yang diselaraskan dengan program Timnas Indonesia.

Tak kalah penting dalam rapat Exco PSSI dibahas percepatan Transformasi wasit Indonesia dengan menghadirkan Wakil Komisi Wasit Yoshimi Ogawa.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Digitalisasi Perwasitan

Menurut Erick nantinya akan ada digitalisasi perwasitan. Maksudnya, setiap kejadian atau keputusan wasit di lapangan akan tersimpan di dalam database, yang mana wasit bisa menjadikannya sebagai evaluasi.

"Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," ujar Erick.

Selain itu, klub juga bisa melakukan pelaporan jika merasa dirugikan. Dengan begitu, kinerja wasit bakal berjalan secara progresif.

"Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut."

 

3 dari 4 halaman

Datangkan Wasit dari Jepang dan Inggris

Masih dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir menuturkan rencana bahwa PSSI akan mendatangkan wasit dari Liga Jepang atau Liga Inggris.

Ia berharap wasit lokal bisa mendapatkan ilmu ketika para wasit impor ini memimpin liga selama satu bulan.

"Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di liga sebulan. Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut," ungkap Erick.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

Video Populer

Foto Populer