Sukses


Oma Opanya dari Gombong, Satu Lagi Pemain Berdarah Belanda Ingin Gabung Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta Satu lagi pemain keturunan siap membela Timnas Indonesia. Namanya D'Leanu Arts. Usianya baru 20 tahun dan saat ini bermain bareng NEC Nijmegen, Belanda.

Kelahiran 27 Mei 2003 bisa bermain sebagai bek kanan dan bek tengah. Via YouTube Yussa Nugraha, ditampilkan D'Leanu tengah membela timnya. Ia tampak bersemangat dengan skil mumpuni serta mencetak gol dari luar kotak penalti.

Darah Indonesia mengalir dari ibunya, sedangkan kakek dan neneknya asli Gombong, Jawa Tengah. "Opa dan Oma saya berasa dari Indonesia," katanya.

Tak bermaksud menyombongkan diri, D'Leanu mengaku kalau dirinya memiliki kecepatan serta uman silang yang sangat memanjakan.

"Aku pikir aku pemain yang cepat dan mempunyai crossing yang bagus," ujar eks Jong PSV ini.

Hanya itu? Tentu saja tidak. "Aku juga memiliki tendangan yang kuat," kata D'Leanu yang sekilas mirip dengan legenda Belanda, Patrick Kluivert.

D'Leanu memang belum masuk radar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dua pemain terbaru yang bakal dinaturalisasi adalah Calvin Verdonk blasteran Aceh dan Jens Raven keturunan Yogyakarta.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ingin ke Indonesia

D'Leanu merasa optimistis bisa memberikan warna tersediri bagi skuad Garuda Muda, jika PSSI memberi lampu hijau berupa naturalisasi.

"Aku punya visi permainan yang bagus. Aku juga mampu bertarung satu lawan satu dengan baik serta baik menjaga wilayah belakang," ujarnya.

D'Leanu sudah tak sabar ke Indonesia. Meski belum pernah ke Indonesia, tapi dia kerap menyantap sajian spesial leluhur. "Aku suka nasi goreng. Simpel, tapi enak," katanya.

3 dari 4 halaman

Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia

D'Leanu juga mengaku mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia, kususnya Timnas U23 besutan Shin Tae-yong. "Aku mengikuti mereka," kata D'Leanu.

D'Leanu pastinya sangat berharap bisa secepatnya bergabung, tapi semua kembali kepada PSSI selaku orita balbalan tertinggi di Tanah Air.

Jika pada akhirnya nanti berjodoh, bisa dipastikan Shin Tae-yong bakal punya banyak opsi mumpuni di lini belakang.

Shin Tae-yong juga tak lagi terlau risau karena pemain naturalisasi atau keturunan yang saat ini di skuadnya suatu saat bisa saja dipangggil pulang oleh klubnya masing-masing.

4 dari 4 halaman

Gencar Ambil Pemain Keturunan

PSSI belakangan memang gencar melakukan naturalisasi pemain keturunan untuk Timnas Indonesia. Beberapa nama yang lebih dulu menjalani program tersebut antara lain Jordi Amat, Sandy Walsh, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ivan Jenner, hingga Justin Hubner.

Program naturalisasi sengaja dikebut untuk persiapan Timnas Indonesia dalam menghadapi beberapa event ke depan. Salah satunya Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Video Populer

Foto Populer