Sukses


Maarten Paes Takjub dengan Potensi Besar Sepak Bola Tanah Air: Tak Sabar Ingin Bawa Timnas Indonesia Disegani

Bola.com, Jakarta - Calon penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes, merasa sangat takjub dengan potensi besar yang sebetulnya dimiliki sepak bola Indonesia. Setelah menjalani proses naturalisasi, dia ingin membantu mengembangkannya.

Maarten Paes mengatakan, setidaknya ada dua indikator utama yang memperlihatkan perkembangan drastis dari sepak bola Indonesia. Capaian ini semuanya merujuk pada prestasi yang diukir tim nasional.

Pertama, Maarten menyinggung soal penampilan ciamik Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 yang membuka pintu ke Olimpiade 2024 Paris. Dia juga menyanjung kiprah skuad Garuda Muda yang berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026.

“Jika Anda melihat sisi sepak bolanya, ada peluang yang tak terbatas di sana. Kami berada di ambang kualifikasi untuk Olimpiade 2024 pada bulan Agustus,” kata Maarten Paes dikutip dari kanal YouTube Dallas FC.

“Selain itu, kami juga sangat dekat dengan kualifikasi untuk lolos ke Piala Dunia 2026 di Amerika yang akan menjadi momen lingkaran penuh bagi saya karena saya berkarier di Amerika,” lanjutnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Punya Potensi Besar

Pemain berusia 25 tahun itu memiliki keinginan besar untuk mengangkat marwah sepak bola Indonesia ke level yang lebih tinggi. Sebab, selama ini, dunia kulit bundar di tanah air masih dipandang sebelah mata.

Menurut Maarten Paes, besarnya kecintaan masyarakat Indonesia terhadap sepak bola menjadi modal berharga untuk bisa mendorong olahraga ini lebih berprestasi di masa depan.

“Apa yang ingin saya capai adalah menempatkan Indonesia di peta sepak bola. Saya pikir, Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan jumlah penduduk lebih dari dua ratus juta jiwa,” ujarnya.

“Olahraga nomor satu mereka, yang mereka sukai, adalah olahraga. Saya pikir jika Anda melihat dari jumlah dukungan yang mereka dapatkan, jika Anda melihat jumlah potensi yang ada di sana, saya pikir ini hanya untuk memenuhi potensi itu,” imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Masuk Panggung Elite

Pemain kelahiran Nijmegen, Belanda, itu juga ingin mengantarkan Timnas Indonesia tampil di kejuaraan-kejuaraan yang lebih elite. Di Piala Asia U-23 2024 saja, skuad Garuda Muda mendapatkan dukungan besar dari fansnya.

Dia juga merasa takjub dengan fanatisme penonton yang sering berbondong-bondong datang ke stadion untuk mendukung klub kebanggaannya. Baginya, atmosfer seperti ini sangat didambakan seorang pesepak bola.

“Saya ingin membawa turnamen-turnamen besar ke negara ini. Jika Anda melihat saat mereka bermain di Piala Asia U-23, mereka menyingkirkan Korea Selatan di putaran sebelumnya,” kata Maarten Paes.

“Jika Anda melihat stadion-stadion di sana, dan bagaimana makanan di jalanan, dan semua orang di Indonesia, anak-anak, saya pikir itu adalah sesuatu yang Anda inginkan setiap saat,” imbuhnya.A

Video Populer

Foto Populer