Sukses


5 Hal dari Alexis Sanchez yang Tak Diketahui Banyak Orang

Jakarta Masa bakti Alexis Sanchez di Arsenal telah berakhir. Pemain Cile itu resmi berlabuh ke Manchester United pada bursa transfer musim dingin Januari ini.

Kontrak pemain 29 tahun tersebut, memang bakal kedaluwarsa pada akhir musim nanti. MU memberikan Henrikh Mkhitaryan untuk mempermulus jalan Alexis Sanchez ke Old Trafford.

Buat fans MU, ada beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui soal si pemain. Sanchez memang sangat tangguh sejak muda, karena ditinggalkan sang ayah dan menghidupi ibunya.

Dia pernah menjadi tukang cuci mobil untuk membantu meringankan beban sang ibu. Tentu, kemandiriannya itu masih terbawa hingga saat ini dan membentuknya jadi pemain sukses.

Itu hanya salah satu fakta menariknya. Ada lima fakta menarik lainnya yang wajib Anda ketahui soal Alexis Sanchez dikutip Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

1. Idolakan Marcelo Salas

Marcelo Salas mungkin paling diingat di Inggris karena golnya. Saat itu dia mencetak gol kemenangan untuk Chile atas Inggris di Wembley dalam uji coba Piala Dunia 1998. Kariernya yang panjang itu dimulai dan berakhir di Universidad de Chile, Klub yang juga mengorbitkan nama Sanchez.

Jelas, Salas merupakan idola dan panutannya dalam bermain bola. Pada bulan September 2007, dia sempat bermain di samping idolanya, Salah bersama timnas Cile yang menang 2-0 atas Austria di Wina.

3 dari 6 halaman

2. Gaji Pertama

Pada usia 16 tahun, Sanchez bergerak 150 mil ke kota pertambangan Calama untuk bergabung dengan Cobreloa. Itu merupakan klub di mana rekan senegaranya, Charles Aranguiz dan Eduardo Vargas juga melakukan langkah pertama mereka sebagai pemain profesional.

Di sana, Eks Barcelona itu menunjukkan bakat yang cukup dalam latihan maupun pertandingan usia muda. Sanchez akhirnya mendapatkan debut profesionalnya saat berusia 17 tahun pada bulan Februari 2005.

Dia tampil melawan Deportes Temuco di Estadio Zorros del Desierto yang berkapasitas 12.000 di Calama. Sanchez tampil sebagai pengganti menit 71 dalam kekalahan 4-5 tersebut. Di sana, Sanchez dibayar hanya 50.000 peso Cile sebulan atau setara dengan 60 pounds.

4 dari 6 halaman

3. Julukan

Sanchez memiliki julukan El Nino Maravilla yang dalam bahasa Indonesia disebut bocah ajaib. Julukan tersebut diberikan kepadanya oleh wartawan lokal Jaime Cortes, dari surat kabar El Mercurio de Calama.

"Sanchez telah menunjukkan dalam sesi latihan bahwa dia adalah pemain hebat, meskipun dia kecil dan kurus," kenang Cortes dalam sebuah wawancara di 2011.

"Pada saat memulai debutnya, dia cukup banyak mengubah jalannya pertandingan. Hari itu, gagasan untuk memanggilnya La Pequena Maravilla ada di benak saya dan kemudian menjadi el Nino Maravilla," lanjut si wartawan.

5 dari 6 halaman

4. Pencetak Gol Terbaik

Sanchez mencetak 39 gol dari 119 penampilannya. Catatan itu membuatnya mengalahkan sang idola, Marcelo Salas soal raihan gol sepanjang masa dan unggul empat gol dari rekan duetnya, Eduardo Vargas.

Memang, di antara anggota generasi emas negara lainnya, Sanchez jadi yang paling sukses. Dia berhasil membawa Cile memenangi Copa America 2015 dan Copa America Centenario tahun berikutnya.

6 dari 6 halaman

5. Berjasa di Kampung Halamannya

Sanchez dianggap sebagai seorang pahlawan bagi masyarakat Tocopilla. Bukan hanya karena mereka bangga punya pemain seperti Sanchez. Tapi, beberapa kali membantu warga kurang mampu di sana.

Jadwal padat Liga Inggris bukan menjadi alasan Sanchez tak mampir ke Tocopilla. Dia selalu menyempatkan waktu pulang kampung setiap Natal untuk membagikan hadiah dan sembako kepada penduduk kota.

Eks pemain Barcelona itu juga membangun sebuah lapangan sepak bola di Tocopilla. Dia jelas ingin ada generasi berikut yang lahir dari sana setelah pensiun nanti.(Eka Setiawan)

Sumber: Liputan6.com

  • Alexis Sánchez adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal
    Alexis Sánchez adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal
    Alexis Sánchez adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal

    Alexis Sanchez

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer