Sukses


4 Pembelian Brilian Manchester United di Bursa Transfer dalam Satu Dekade Terakhir

Jakarta - Dalam satu dekade terakhir, Manchester United selalu aktif di bursa transfer, baik itu musim panas ataupun dingin. Banyak pemain bintang yang didatangkan ke Old Trafford.

Beberapa manajer yang pernah menakhodai Manchester United, seperti Sir Alex Ferguson, David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, hingga Ole Gunnar Solksjaer mendatangkan pemain berlabel bintang.

Paul Pogba misalnya. Gelandang asal Prancis itu didatangkan MU pada 9 Agustus 2016 dari Juventus. Saat itu, Setan Merah, sebutan MU, menjadikan Pogba sebagai pemain termahal di dunia, yakni seharga 105 juta euro.

Selain Pogba, ada juga Zlatan Ibrahimovic, Radamel Falcao, Angel Di Maria, Henrikh Mkhitaryan, Romelu Lukaku, hingga Alexis Sanchez pernah mampir ke ruang ganti Old Trafford.

Namun, dari beberapa nama itu, tidak ada pemain yang menjadi pembelian terbaik untuk Manchester United. Tercatat, hanya ada empat pemain terbaik yang dibeli Setan Merah dalam satu dekade terakhir.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 5 halaman

Javier Hernandez

Javier Hernandez didatangkan Sir Alex Ferguson ke Manchester United pada 1 Juli 2010. Dia dibeli dari klub Meksiko, Chivas seharga 7,5 juta euro.

Striker yang dikenal dengan panggilan Chicharito itu selalu menjadi supersub untuk Manchester United. Selama memperkuat Setan Merah, dia mampu menghasilkan 59 gol dan 20 assist dari 157 penampilan.

Bersama MU, dia memenangkan Liga Inggris pada musim 2010/11 dan 2012/13. Selain itu, Chicharito membantu MU memenangkan FA Community Shield pada 2010.

 

3 dari 5 halaman

David De Gea

Pada 1 Juli 2011, David De Gea didatangkan Sir Alex Ferguson ke Old Trafford dari Atletico Madrid. De Gea dibeli dengan harga mahal, 25 juta euro, kala itu usianya masih muda, 21 tahun.

Sejak saat itu, De Gea mencatatkan namanya sebagai salah satu kiper terbaik di Liga Inggris. Kiper berusia 29 tahun itu telah mencatatkan 103 clean sheet dari 296 pertandingan di Liga Inggris.

De Gea juga telah memenangkan satu gelar Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa untuk Setan Merah.

 

4 dari 5 halaman

Robin van Persie

Pada 17 Agustus 2012, Manchester United mendatangkan striker sekaligus kapten Arsenal, Robin van Persie. Striker asal Belanda itu menjadi perekrutan terakhir Sir Alex Ferguson untuk Setan Merah.

Di musim pertamanya, Van Persie membantu MU memenangkan Liga Inggris dan menjadi top scorer. Total, dia mencetak 26 gol di Liga Inggris musim 2012/13 yang membulatkan hati Ferguson untuk pensiun.

Karier Van Persie di Old Trafford hanya bertahan selama tiga musim. Dia meninggalkan Red Devils pada 15 Juli 2015 dengan bergabung ke klub Turki, Fenerbahce.

 

5 dari 5 halaman

Juan Mata

Pada 24 Januari 2014, Manchester United berhasil memboyong playmaker andalan Chelsea, Juan Mata. David Moyes adalah orang yang berhasil membawa Mata ke Old Trafford dengan harga 44,73 juta euro.

Hingga saat ini, Juan Mata masih menjadi andalan United untuk membimbing pemain muda. Selama memperkuat Setan Merah, pria berusia 31 tahun itu mencatatkan 46 gol dan 39 assist dari 238 pertandingan di semua kompetisi.

Pemain yang pernah memperkuat Real Madrid Castilla ini membantu Man United memenangkan gelar pertama di Liga Europa.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Edu Krisnadefa, Published 8/1/2020)

Video Populer

Foto Populer