Sukses


Mengenang Harry Gregg, Pahlawan Manchester United dalam Tragedi Pesawat Munich

Bola.com, Manchester - Manchester United berduka. Mantan kiper legendaris mereka, Harry Gregg, meninggal dunia pada usia 87 tahun di rumah sakit Causeway Hospital, Coleraine, Inggris, Minggu (16/2/2020) waktu setempat.

Kabar tersebut disampaikan Manchester United melalui Twitter resmi pada Senin (17/2/2020). Seluruh pemain Manchester United mengenakan ban hitam ketika menjalani pertandingan versus Chelsea di Stamford Bridge.

"Dalam kesedihan mendalam kami kehilangan teladan, mantan pemain kami, Harry Gregg OBE. Seluruh pihak di klub mendoakan Harry dan keluarga serta kerabat," demikian tulis Manchester United.

Harry Gregg merupakan pahlawan Manchester United ketika terjadi tragedi pesawat Munich tahun 1958. 

 

Kala itu, pada 6 Februari, skuat Manchester United berniat pulang ke Inggris setelah menjalani partai Piala Champions kontra Red Star Belgrade. Pesawat yang mereka tumpangi berhenti mengisi bahan bakar di Bandar Udara Kota Munchen.

Akan tetapi, keputusan pilot James Thain dan Kenneth Rayment yang mengabaikan anjuran menginap berakibat fatal. Kerusakan pada mesin pesawat bagian kiri, ditambah salju yang mulai turun menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan.

Sebanyak 20 dari 44 penumpang meninggal di tempat, sementara tiga lainnya menyusul di Rumah Sakit Rechts der Isar, Munchen. Delapan di antaranya adalah pemain Manchester United, yakni Duncan Edwards, Roger Byrne, Geoff Bent, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, dan Billy Whelan.

 

Video

2 dari 2 halaman

Menyelamatkan Penumpang Lain

Harry menjadi satu di antara penumpang yang selamat. Pemain yang pernah menjadi kiper termahal Manchester United ini berhasil keluar dari pesawat yang terbakar itu.

Harry tak tinggal diam. Ia kembali ke pesawat untuk menyelamatkan orang-orang. Dia mulai mengeluarkan diplomat wanita Rusia yang tengah hamil, Vera Lukic dan putrinya, Vesna.

Dia kembali lagi untuk menolong pasangan Chalrton dan Viollet yang cedera. Selanjutnya, Gregg menarik keluar sang manajer, Matt Busby dan rekan senegaranya, Jackie Blanchflower.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada siapapun yang datang memberikan rasa hormat kepada Harry dan keluarga," demikian pernyataan Harry Gregg Foundation, dikutip dari Manchester Evening News.

 

Sumber: Twitter, Manchester Evening News

Video Populer

Foto Populer