Sukses


Hasil Liga Inggris: Cristiano Ronaldo Pecah Telur, MU Bekuk Everton

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) kembali ke trek kemenangan pada pekan ke-10 Liga Inggris 2022/2023. Menghadapi Everton di Goodison Park, Man United menang tipis 2-1, Senin (10/10/2022) dini hari WIB.

Tuan rumah sempat unggul cepat melalui Alex Iwobi saat laga baru memasuki menit ke-6. MU kemudian menyamakan kedudukan melalui Antony di menit ke-15.

Sebelum babak pertama usai, Cristiano Ronaldo membawa MU berbalik unggul di menit ke-44. Ini merupakan gol debut CR7 pada ajang Liga Inggris. 

Laga ini sendiri dihiasi dua gol MU yang dianulir. Pertama gol dari Bruno Fernandes di menit ke-36. Wasit menganggap Ronaldo lebih dulu terjebak offside.

 

2 dari 6 halaman

Gol Marcus Rashford Dianulir

MU juga mencetak gol lagi di menit ke-82 melalui Marcus Rashford. Ia dengan leluasa melewati kiper Jordan Pickford untuk menceploskan gol.

Namun, gol tersebut dianulir karena VAR memastikan Rashford melakukan handball sesaat sebelumnya saat melewati tekel dari bek tengah lawan James Tarkowski.

Sampai pertandingan berakhir, skor tak berubah. Kemenangan ini membawa Man United naik ke posisi lima dengan koleksi lima poin. Sementara itu, Everton harus puas menelan kekalahan ketiganya dari delapan pertandingan.

3 dari 6 halaman

Babak Pertama

Everton memberikan kejutan kepada Man United saat laga baru berjalan lima menit. Casemiro kehilangan bola di lapangan tengah saat tengah melakukan build up. Demarai Gray lalu memberikan umpan kepada Iwobi yang menyelesaikannya dengan tendangan melengkung dari luar kotak penalti.

Man United membalas di menit ke-15. Proses golnya sama, Everton salah saat melakukan bangun serangan. Bola yang direbut berhasil sampai ke kaki Anthony Martial. Ia memberikan umpan ke sisi kanan, tempat Antony berlari. Pemain asal Brasil itu kemudian dengan nyaman menaklukkan kiper Jordan Pickford.

Man United kembali mendapatkan tendangan tepat sasaran di menit ke-20. Kali ini, tendangan kaki kiri Christian Eriksen dari luar kotak penalti masih dapat dihentikan Pickford dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Gol penyama kedudukan itu telah membuat pertandingan yang sempat berimbang, menjadi condong ke Man United. Mulai dari bangun serangan, menyerang, sampai bertahan, tim tamu berhasil mendominasi.

Man United bahkan sempat mencetak gol lagi melalui Bruno Fernandes di menit ke-36. Namun, gol tersebut ianulir wasit karena Cristiano Ronaldo sebelumnya sudah terperangkap offside.

Casemiro nyaris mencetak gol perdananya di menit ke-42. Ia menerima umpan silang dari Marcus Rashford dan melakukan sundulan tanpa kawalan sama sekali. Dalam jarak yang sebenarnya cukup dekat dengan gawang Everton, arah bolanya justru menyamping.

Man united berhasil membalikkan keadaan di menit ke-44 melalui gol ke-700 Cristiano Ronaldo sepanjang kariernya. Ia menerima sodoran umpan dari Casemiro dan menuntaskan peluang tersebut dengan kaki kirinya.

4 dari 6 halaman

Babak Kedua

Man United yang awalnya sempat menguasai pertandingan sukses diimbangi oleh Everton di awal babak kedua. Di samping tetap bisa menyerang, Man United juga berkali-kali diserang dalam rentang periode sepuluh menit pertama.

Salah satu peluang yang gagal dituntaskan terjadi di menit ke-50. Ronaldo bermaksud mengakses Antony yang sudah berdiri bebas. Namun sebelum bola mencapai rekannya itu, bek tengah Everton Conor Coady lebih dulu memotong bolanya.

Giliran Ronaldo yang mendapat peluang di menit ke-59 melalui sundulan. Ia meloncat lebih tinggi daripada para penjaganya saat menerima umpan lambung dari Casemiro. Namun, sundulannya masih melayang di atas mistar.

Tiga menit berselang, Everton punya peluang emas. Umpan ke sisi kanan yang mengarah ke Iwobi berhasil diterima dengan sempurna. Dalam satu sentuhan saja, Iwobi mengirim umpan silang, tetapi sentuhan Seamus Coleman dengan bola tidak sempurna sehingga bola gagal di arahkan dengan baik.

Ronaldo lagi-lagi menjadi kreator serangan Man United. Kali ini di menit ke-72, ia melakukan set-up kepada Eriksen yang datang dari lini kedua. Sayang, tendangan kaki kiri Eriksen dari luar kotak penalti melayang tipis di atas mistar.

Man United kembali mendapatkan gol di menit ke-80 melalui Rashford. Ia berhasil memanfaatkan menang duel udara dari Ronaldo di tengah lapangan dan berlari kencang menuju gawang. Ia melewati tekel dari bek tengah Everton James Tarkowski dan melewati Pickford. Namun, VAR menyatakan bahwa Rashford melakukan handball saat berusaha menghindari tekel dari Tarkowski.

Everton di akhir babak kedua terus-terusan mengancam dengan mengirim umpan-umpan silang dan umpan langsung ke dalam kotak penalti Man United. Namun, sentuhan-sentuhan terakhir dari para pemain Everton masih kurang sempurna untuk mampu mencetak gol kedua.

Tambahan waktu empat menit menjadi neraka bagi pertahanan Man United. Everton terus-terusan mengurung pertahanan Man United. Namun beruntung, sampai peluit panjang dibunyikan, Everton gagal mencetak gol.

5 dari 6 halaman

Susunan Pemain

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Vitalii Mykolenko, James Tarkowski, Conor Coady, Seamus Coleman (James Garner 75’); Alex Iwobi, Idrissa Gueye (Dominic Calvert-Lewin 75’), Amadou Onana; Anthony Gordon (Dwight McNeil 67’), Neal Maupay (Salomon Rondon 85’), Demarai Gray.

Pelatih: Frank Lampard.

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Diogo Dalot, Victor Lindelof, Lisandro Martinez, Luke Shaw; Casemiro, Christian Eriksen (Scott McTominay 83’); Antony (Raphael Varane 90+3’), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial (Cristiano Ronaldo 28’).

Pelatih: Erik Ten Hag.

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, Published 10/10/2022)

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer