Sukses


Mereka Seolah Terlupakan, 9 Transfer Aneh yang Membuat Heboh Liga Inggris : Libatkan Eks Manchester United sampai Mantan Arsenal

Bola.com, Jakarta - Periode awal tahun 2023 berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya, terutama dalam aktivitas transfer pemain. Tak seperti sebelumnya yang cenderung sepi, jendela transfer Januari yang baru saja berlalu diwarnai sederet kejetuan. Terutama di klub-klub Premier League, Inggris.

Satu di antara sensasi yang menyedot perhatian dunia adalah terkait kepindahan Enzo Fernandez dari Benfica ke Chelsea. Apalagi, realisasi itu terjadi hanya beberapa saat sebelum jendela transfer musim dingin ditutup pada Rabu (1/2).

Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2022 berusia 21 tahun asal Argentina itu menjadi pemain termahal dalam sejarah Premier League. Ia datang dengan nilai transfer 120 juta euro atau sertara Rp 1,9 Triliun.

Sumber: Planetfootball

2 dari 7 halaman

Jadi Perbincangan

Selain Fernandez, The Blues juga sempat jadi perbincangan lantaran mengeluarkan uang yang seolah tanpa seri, guna mendapatkan pemain anyar. Mereka di antaranya Malo Gusto, Noni Madueke, Benoit Badiashile, David Datro Fofana, Joao Felix, Andrey Santos, serta Mykhaylo Mudryk.

Fans berharap kehadiran Fernandez dkk bisa mendongkrak performa armada Graham Potter musim ini, khususnya di ajang Premier League. Hingga pekan ke-20, Chelsea masih terjebak di posisi ke-10 dengan torehan 39 poin.

Sambil menanti kebangkitan kejayaan Chelsea, ada baiknya kita lihat dulu sembilan transfer musim dingin yang mungkin kamu lewatkan.

 

3 dari 7 halaman

Shinji Kagawa

Masih ingat Kagawa? Mantan pemain Manchester United itu kini memperkuat klub Belgia, Sint-Truiden. Pemain asal Jepang ini bergabung pada 1 Februari kemarin.

Selain MU dan Sint-Truiden, pemain berusia 33 tahun tersebut juga pernah memperkuat Borussia Dortmund, Besiktas, Real Zaragoza, PAOK sampai Cerezo Osaka. Kini, Kagawa mulai memasuki masa senja, meski kualitas tetap ada.

Terem Moffi

Penyerang Nigeria ini sempat mendapat kabar bakal bergabung dengan West Ham atau Southampton. Namun dia memilih berkostum Nice dengan status pinjaman dari Lorient.

Bersama Lorient, Moffi telah mencetak 12 gol di Ligue 1 pada musim 2022/2023. Sejauh ini, fakta tersebut membuatnya menjadi satu di antara pencetak gol terbanyak di liga utama Eropa musim ini.

 

4 dari 7 halaman

Marquinhos

Arsenal merekrut remaja Brasil itu di musim panas dengan harapan mereka akan mendapatkan the next Gabriel Martinelli. Marquinhos tampak bersemangat di pramusim dan mencetak gol pada debutnya di Liga Europa.

Tak seperti Martinelli, ia harus bersabar mendapatkan lebih banyak menit bermain dari bos Mikel Arteta. Sebagai solusinya, Arteta memilih meminjamkan Marquinhos kepada klub Championship, Norwich City pada paruh kedua musim 2022/2023.

Florian Thauvin

Pernah gagal di Newcastle, Thauvin tampil luar biasa setelah kembali ke Marseille pada 2016. Terbukti, pada 2017/2018, dia mengamuk dengan torehan 22 gol Ligue 1.

Sayangnya, namanya seakan tenggelam selama 18 bulan terakhir setelah berkarier di Tigres UANL. Nah, kini Thauvin kembali berpeluang mengibarkan namanya pasca bergabung dengan klub Serie A Italia, Udinese.

 

5 dari 7 halaman

Denis Suarez

Dia seolah tenggelam dengan sendirinya. Ia harus jatuh bangun ketika berkostum Manchester City, Barcelona, dan Arsenal. Sejak 2019, dia kembali memperkuat klub masa kecilnya, Celta Vigo.

Tapi, belakangan, gelandang berusia 29 tahun itu tak akur dengan pelatihnya, Carlos Carvalhal. Suarez lalu dibuang ke Espanyol sebagai pemain pinjaman.

Shola Shoretire

Lulusan akademi Carrington itu memenangkan Pemain Muda Terbaik Manchester United pada musim 2020/2021. Ia menjadi satu di antara pemain termuda yang melakukan debut untuk klubnya pada Februari 2021.

Tetapi peluang lebih lanjut sangat sedikit dan jarang. Terlalu mudah untuk melewatkan fakta, dia bergabung dengan Bolton Wanderers pada pertengahan Januari. Ia telah membuat tiga penampilan untuk klub League One tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Azzedine Ounahi

Sempat digadang-gadang ke Leeds United dan Napoli, Ounahi malah merapat ke Marseille via jendela transfer Januari 2023. Gelandang berusia 23 tahun Maroko ini diboyong dari Angers dengan harga 10 juta pounds.

Keberadaan Ounahi membuat Marseille memiliki beberapa opsi. Sayang, performa klub sedang kurang bagus, sehingga Ounahi wajib bekerja keras agar timnya bisa mengamankan zona Liga Champions musim depan.

Cyle Larin

Satu di antara pemain terbaik Kanada telah meninggalkan Club Brugge milik Scott Parker. Ia bergabung dengan Real Valladolid, yang juga milik legenda Brasil, Ronaldo.

Larin datang dengan status pinjaman pada 2023 ini. Keputusan ini tergolong mengejutkan dan membuat ramai, karena sosoknya punya kapasitas terus berkembang.

Viktor Tsygankov

Setelah memperkuat sejak 2016, rekan senegara Mykhailo Mudryk ini melanjutkan petualangannya tahun ini ke klub Spanyol, Girona. Winger kelahiran Israel itu mencetak 94 gol dalam 236 penampilan untuk Dynamo Kyiv dan kini bergabung dengan tim antah barantah.

Sosoknya memang penuh tanda tanya. Di lapangan, Viktor Tsygankov memiliki beberapa peran, terutama menyisir, mengirim umpan atau mengeksekusi bola mati.

Sumber: Planetfootball

7 dari 7 halaman

Siap Jadi Juara

Video Populer

Foto Populer