Sukses


Manchester United Unggul dari Real Madrid, Jelas Bukan karena Prestasi dong : Lho, Lalu Apa ?

Bola.com, Jakarta - Sepak terjang Manchester United di area bursa transfer musim panas 2023 semakin mendapat perhatian. Usaha MU mencari striker, dan penguatan di sektor lain masih menjadi menu yang tak berujung.

MU baru mengeluarkan 100 juta pounds hanya untuk mendatangkan Mason Mount. SkySports menyebut, angka tersebut belum cukup guna membangun tim juara Liga Inggris 2023/2024.

Pada sisi aktivitas belanja, MU telah melayangkan penawaran 51 juta poundsagar bisa mendatangkan bintang Atalanta, Rasmus Hojlund. Padahal, MU berada di puncak teratas dalam daftar pengeluaran bersih untuk transfer pemain selama 10 tahun terakhir.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terganjal FFP

Transfermarkt mengungkapkan, Manchester United telah menghabiskan 1,29 miliar euro sepanjang aktivitas transfer dalam satu dekade. Dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, MU pada jendela transfer musim panas ini relatif konservatif.

Sepertinya Manchester United berupaya upaya tetap sejalan dengan peraturan Financial Fair Play. Dalam 10 tahun terakhir, MU gagal memenangkan gelar Premier League. Mereka hanya mampu menggondol Piala FA, dua Piala Liga, dan satu Liga Europa.

Pengeluaran terbesar MU terjadi ketika merekrut Paul Pogba dari Juventus (89 juta pounds), Harry Maguire (80 juta pounds), serta Romelu Lukaku (75 juta pounds). Dua pesaing MU, yakni Manchester City dan Arsenal masuk tiga besar.

 

3 dari 4 halaman

Posisi Pesaing

Pengeluaran bersih Manchester City menembus 1,01 miliar euro. Sementara itu, Arsenal menguras kas sampai dengan 1 miliar euro. Tentu saja, dalam dekade tersebut, Manchester City telah menjadi kekuatan dominan di Eropa.

Manchester Biru menjadi tim kedua dalam sejarah sepak bola Inggris yang meraih treble, yakni menjadi jawara Premier League, Piala FA, dan Liga Champions dalam semusim. Arsenal menghabiskan setengah dari sepuluh tahun terakhir, tapi gagal lolos ke Liga Champions.

 

4 dari 4 halaman

Nasib Tim Lain

Pada area lima besar tim dengan nilai belanja tinggi ada Paris Saint Germain (960 juta euro) dan Chelsea (720 juta euro). Raksasa Liga Spanyol, Barcelona, berada di urutan keenam dengan 596 juta euro. Barcelona Menghabiskan lebih dari 100 juta pounds dalam tiga kesempatan merekrut Philippe Coutinho, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann.

Newcastle United berada di urutan ketujuh dengan pengeluaran bersih sebesar 575 juta euro. Setelah itu ada AC Milan dan Tottenham Hotspur, yang masing-masing mengeluarkan duit 546 juta euro serta 523 juta euro.

Satu yang mengherankan, Real Madrid berada di peringkat ke-18, dengan pengeluaran bersih 250 juta euro. Meski begitu, dalam satu dekade terakhir, mereka telah memenangkan lima gelar Liga Champions.

Sumber : Sportbible

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer