Sukses


UEFA Izinkan 5 Pergantian Pemain di Piala Eropa 2020

Bola.com, Jakarta - Komite Eksekutif UEFA telah resmi mengizinkan aturan pergantian lima pemain pada perhelatan Piala Eropa 2020. Kebijakan ini diambil dengan pertimbangan kalender sepak bola nasional dan internasional terdampak oleh pandemi Covid-19.  

"UEFA mengizinkan penggunaan hingga lima pergantian pemain di Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League 2021 dan play-out degradasi sesuai dengan amandemen sementara yang tercantum pada Law 3 IFAB Laws of the Game," bunyi pernyataan resmi UEFA, Rabu (31/3/2021). 

“Alasan penerapan aturan pergantian pemain ini berlaku dengan latar belakang kalender sepak bola nasional dan internasional yang terkena pandemi Covid-19 dan mengingat aturan sudah diterapkan untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang akan berlangsung dari Maret 2021 hingga Maret 2022, diputuskan memperpanjang amandemen Piala Eropa pada Juni/Juli 2021, final UEFA Nations League pada Oktober 2021, dan playoff degradasi UEFA Nations League pada Maret 2022," imbuh pihak UEFA.

UEFA juga telah memutuskan setiap negara akan menentukan jumlah penonton yang diperbolehkan masuk stadion selama turnamen berlangsung. 

“Komite Eksekutif UEFA meninjau kembali keputusannya pada 1 Oktober 2020 yang mengizinkan penonton datang ke pertandingan UEFA hingga 30 persen dari kapasitas stadion."

"Komite memutuskan mengingat fakta masing-masing dari 55 asosiasi anggota UEFA menghadapi situasi yang berbeda sehubungan dengan penanganan pandemi, pembatasan seperti itu tidak lagi diperlukan. Keputusan tentang jumlah penonton yang diizinkan masuk ke stadion berada di bawah tanggung jawab eksklusif otoritas lokal atau nasional yang kompeten," imbuh UEFA terkait aturan untuk Piala Eropa 2020. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Usulan Timnas Italia

Piala Eropa 2020 sudah di depan mata. Laga antara Turki kontra Timnas Italia di Stadio Olimpico, Roma, 11 Juni nanti, dijadwalkan bakal menjadi laga pembuka Piala Eropa 2020 yang baru bisa digelar tahun 2021 akibat pandemi COVID-19.

Event yang berlangsung 11 Juni sampai 11 Juni ini tentu saja belum sepenuhnya lepas dari ancaman penyebaran virus corona. Oleh karena itulah, pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini memberikan saran.

Menurutnya sebagai antisipasi jika selama gelaran Piala Eropa 2020 ada pemain positif COVID-19, maka jumlah nama yang didaftarkan untuk ajang ini harus ditambah setiap pesertanya.

Tujuannya tentu agar kekuatan sebuah tim tidak terlalu terpangaruh jika memang ada sejumlah pemain positif virus corona.

"Ini bisa menjadi ide yang bagus untuk menambah jumlah pemain menjadi 25 atau 26. Kita semua sedang merasakan musim yang sulit dan Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," kata Mancini saat diwawancara Rai Sport.

"Bagaimana jika seseorang dinyatakan positif COVID? Akan sulit untuk menjemput pemain lain, semuanya sedang liburan. Jika UEFA membuat keputusan seperti itu, saya akan mendukungnya," lanjutnya.  

Sumber: UEFA 

Video Populer

Foto Populer