Sukses


UEFA Hapus Regulasi Pembatasan Penonton di Stadion, Piala Eropa 2020 Berpotensi Disaksikan Banyak Fans

Bola.com, Jakarta - Piala Eropa 2020 akan segera dimulai pada 11 Juni-11 Juli atau ketika semua kompetisi sepak bola di Eropa selesai. Persiapan sedang terus dilakukan terutama oleh Federasi Sepak Bola Eropa atau UEFA.

Terbaru UEFA merilis beberapa regulasi, salah satunya keputusan mereka mengakhiri peraturan soal pembatasan penonton di stadion akibat pandemi COVID-19 yang menghantui seantero dunia.

Tapi kini regulasi tersebut sudah dihapuskan. Artinya ada kemungkinan gelaran Piala Eropa 2020 akan disaksikan banyak fans di stadion.

Dalam keterangan resminya UEFA menyebut memberikan orotitas sepenuhnya kepada federasi lokal mengenai jumlah penonton yang dibolehkan datang langsung ke stadion.

"Komite Eksekutif UEFA meninjau kembali keputusannya pada 1 Oktober 2020 di mana mereka mengizinkan kembalinya penonton ke pertandingan di bawah naungan UEFA hingga 30 persen dari kapasitas," buka keterangan tersebut.

"Kini kami memutuskan mengingat fakta bahwa masing-masing dari 55 asosiasi anggota UEFA menghadapi situasi yang berbeda sehubungan dengan penanggulangan pandemi, pembatasan seperti itu tidak lagi diperlukan."

"Kini keputusan tentang jumlah penonton yang diizinkan harus berada di bawah tanggung jawab eksklusif otoritas lokal atau nasional yang kompeten," lanjut keterangan itu.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Soal Jumlah Pergantian Pemain

Pada kesempatan sama, Komite Eksekutif UEFA telah resmi mengizinkan aturan pergantian lima pemain pada perhelatan Piala Eropa 2020. Kebijakan ini diambil dengan pertimbangan kalender sepak bola nasional dan internasional terdampak oleh pandemi Covid-19.  

"UEFA mengizinkan penggunaan hingga lima pergantian pemain di Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League 2021 dan play-out degradasi sesuai dengan amandemen sementara yang tercantum pada Law 3 IFAB Laws of the Game," bunyi pernyataan resmi UEFA, Rabu (31/3/2021). 

"Alasan penerapan aturan pergantian pemain ini berlaku dengan latar belakang kalender sepak bola nasional dan internasional yang terkena pandemi Covid-19 dan mengingat aturan sudah diterapkan untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang akan berlangsung dari Maret 2021 hingga Maret 2022, diputuskan memperpanjang amandemen Piala Eropa pada Juni/Juli 2021, final UEFA Nations League pada Oktober 2021, dan playoff degradasi UEFA Nations League pada Maret 2022," imbuh pihak UEFA.

 

Sumber: UEFA 

Video Populer

Foto Populer