Sukses


    Chile Tidak Lolos ke Piala Dunia 2022, Pelatih Arema FC Dukung Argentina

    Bola.com, Malang - Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar tinggal menghitung hari. Pelatih Arema FC, Javier Roca, juga turut tidak sabar menyaksikan pergelaran turnamen terbesar di planet bumi itu, meski tim nasional kebanggaannya, Chile, tidak ikut berpartisipasi.

    Event sepak bola terakbar di dunia itu dibuka dengan laga antara Qatar kontra Ekuador pada 20 November 202. Perhelatan sepak bola dunia yang digelar empat tahun sekali ini dipastikan bakal menyedot animo pecinta sepak bola dunia, tak terkecuali di Indonesia.

    Pelatih Arema FC, Javier Roca, siap untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan menarik yang tersaji di Piala Dunia 2022 sekalipun negara asalnya tidak lolos pada edisi kali ini. Bahkan ia mengalihkan dukungannya untuk Argentina.

    "Kalau saya pilih Argentina, karena melihat dari mentalnya, mereka kuat sekali," ujar pelatih berusia 45 tahun itu.

    Javier Roca menambahkan jika Argentina sudah beberapa kali masuk final Piala Dunia, termasuk 2014. Apalagi jika digabungkan dengan Copa America. Mentalitas kuat diyakini bisa membawa Argentina melangkah jauh, termasuk di Piala Dunia 2022 nanti.

    2 dari 6 halaman

    Faktor Argentina Bisa Juara

     

    Artinya, menurut Javier Roca, mentalitas menjadi faktor utama. Setelah itu ada faktor lain yang dianggap menjadi nilai lebih, seperti tim yang sangat kompak. Ini menjadi faktor kedua yang membuat Javier Roca yakin Argentina bisa menjadi juara Piala Dunia 2022.

    "Saya sering sekali mendapatkan video latihan Timnas Argentina dari teman saya. Mereka latihan dengan suasana yang enjoy. Para pemain menikmatinya," ujar Roca.

    "Selain itu, di luar lapangan mereka sering berkumpul bersama untuk membahas pertandingan. Saya pikir mereka generasi terakhir yang tidak terpengaruh media sosial. Jadi aktivitasnya lebih sering berkumpul dengan rekannya di tim," lanjutnya.

    3 dari 6 halaman

    Ada Lionel Messi

     

    Sementara faktor terakhir adalah Argentina memiliki Lionel Messi. Pemain ini dianggap Roca masih menjadi yang terbaik di dunia. Pemain yang kini membela Paris Saint-Germain (PSG) itu masih menjadi kekuatan besar bagi Argentina.

    Lionel Messi akan mengerahkan semua kemampuannya. Apalagi diprediksi ini menjadi Piala Dunia terakhirnya, karena usianya sudah 35 tahun.

     

    4 dari 6 halaman

    Pesaing Argentina

    Meski menjagokan Argentina, Javier Roca melihat tetap banyak tim hebat yang bisa menjadi lawan di Piala Dunia 2022 nanti. Sebagai contoh ada Jerman, Belgia, dan tentunya Brasil.

    "Tentu masih ada ancaman bagi Argentina, mulai dari Jerman, Belgia, dan Brasil," ujar pelatih asal Chile itu.

    Selain itu, Roca memprediksi ada negara dari Asia yang juga menjadi kuda hitam di ajang ini. Perkembangan sepak bola Asia cukup pesat.

    "Saya pikir dari Asia juga ada yang berhahaya. Kalau tidak Jepang, ya Korea Selatan. Kalau tuan rumah sepertinya sulit," tegas Roca.

    5 dari 6 halaman

    Argentina di Piala Dunia 2022

    22 November 2022

    • Argentina vs Arab Saudi, Lusail Iconic Stadium

    26 November 2022

    • Argentina vs Meksiko, Lusail Iconic Stadium

    30 November 2022

    • Polandia vs Argentina, Stadium 974
    6 dari 6 halaman

    Persaingan di Grup C Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer