Sukses


Resep Kebangkitan Anthony Ginting di Mata Sang Pelatih

Bola.com, Seoul - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menggebrak pentas bulutangkis dunia saat menjuarai China Terbuka 2018, Minggu (23/9/2018). Namanya menjadi buah bibir karena dalam perjalanan menuju gelar berhasil menundukkan empat juara dunia. 

Anthony melewati adangan empat juara dunia, yaitu Lin Dan, Viktor Axelsen, Chen Long, dan Kento Momota di final. Sedangkan di semifinal, Anthony berhasil menundukkan pemain peringkat lima dunia asal Chinese Taipei, Chou Tien Chen. 

Namun, pelatih tunggal putra pelatnas PBSI, Hendry Saputra, mengaku tidak terlalu kaget Anthony sukses melalui jalan terjal tersebut hingga menjadi kampiun di China Terbuka. 

"Saya tidak kaget Anthony bisa melewatinya. Karena tiap pemain sehebat apa pun pasti punya kelemahan. Apakah Anthony bisa memanfaatkan ini? Sebagai contoh, Shi Yuqi ketemu Kento Momota tidak bisa berkembang. Anthony waktu lawan Shi Yuqi di Asian Games, fisiknya tidak menunjang, jadi kalah. Ini yang terus kami pelajari," kata Hendry, seperti dilansir situs PBSI, Selasa (25/9/2018). 

Kiprah Anthony Ginting dalam dua bulan terakhir terus menunjukkan tren positif. Setelah meraih medali perunggu (nomor peroranga) dan perak (beregu) di Asian Games, dia mampu melaju hingga perempat final Jepang Terbuka 2018. Puncaknya, Anthony bisa naik ke podium utama turnamen bergengsi China Terbuka 2018. 

Apa resep rahasia kebangkitan dalam dua bulan terakhir? 

"Dari kacamata saya, dia punya motivasi bukan cuma mau jadi juara, tapi mengalahkn dirinya sendiri dalam mengatasi polemik yang harus dia hadapi. Misalnya untuk lebih sabar, tidak gampang mati sendiri, kontrol pikiran, fokus dalam teknik pukulannya, bisa dia lewati semua itu. Hasilnya bisa kita lihat sendiri," urai Hendry. 

"Saya sudah jauh-jauh bilang, ini adalah akumulasi usaha dari tahun-tahun sebelumnya. Misalnya ada 12 kali turnamen setara level super series dalam setahun, masa sih tidak bisa dapat satu? Tapi bicara begini juga harus ada dasarnya, fisiknya bagus, teknik pendukung bagus," imbuh sang pelatih.

Anthony Sinisuka Ginting akan kembali diuji konsistensinya pada pekan ini. Dia akan turun di turnamen Korea Terbuka 2018 bersama beberapa wakil Indonesia lainnya, termasuk Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa. 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer