Sukses


Ayo Lawan Penyebaran Virus Corona COVID-19 dengan Edukasi ke Masyarakat

Jakarta - Virus Corona COVID-19 sedang menjadi momok menakutkan di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Langkah pencegahan penyebaran virus corona terus digalakkan. 

Guna memaksimalkan pencegahan mewabahnya virus corona COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar membangun sinergi dengan seluruh stakeholder. Tak cuma di internal OPD (organisasi perangkat daerah), sinergitas juga dibangun hingga ke tingkat desa/lurah sebagai ujung tombak di lapangan.

Salah satunya dengan pembentukan Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 di tingkat desa/lurah se-Kota Denpasar. Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai menjelaskan, Desa/Lurah sebagai lapisan terbawah pemerintah memiliki peranan yang penting. 

Hal ini lantaran memiliki akses langsung yang berdekatan dengan masyarakat. Sehingga, lanjut dia, dengan cara-cara yang persuasif dan kekeluargaan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona ini.

Adapun Satgas COVID-19 di tingkat desa/lurah nantinya bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah memberikan nasihat, imbauan dan memonitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan virus corona COVID-19. Di samping itu juga mencegah seperti penyemprotan disinfektan secara rutin. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Video

2 dari 2 halaman

Sinergitas

Sehingga sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Tentunya langkah preventif guna memutus penyebaran dapat dilaksanakan langsung di masyarakat, mulai dengan sosialisasi social dan physical distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah povinsi, dan pemerintah kota dapat terlaksanakan dengan baik,” kata Dewa Rai, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/3/2020).

Terpisah, Ketua Forum Perbekel Lurah Kota Denpasar, I Gede Wijaya Saputra menjelaskan, seluruh desa dan lurah telah membentuk Satgas COVID-19. Seluruh elemen masyarakat terlibat langsung dan bahu membahu dalam memutus penyebaran virus corona ini. mulai STT, Linmas, Pecalang dan elemen masyarakat lainya.

“Tentu dengan adanya Satgas COVID-19 ini diharapkan dapat efektif dalam memutus penyebaran virus corona,” ujarnya. 

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Thomas, Published 1/4/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer