Sukses


3 Manfaat Bekam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Bola.com, Jakarta - Bekam adalah salah satu metode pengobatan yang berawal dari Timur Tengah dan China. Metode ini semakin digemari karena manfaat bekam cukup banyak.

Sebelum mengetahui manfaat bekamAnda harus tahu definisi dari metode pengobatan ini. Bekam adalah metode mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh.

Penyedotan kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit tubuh. Pengobatannya bekam kini telah banyak dimodifikasi dan praktis.

Dilansir dari lama DokterSehat, bekam yang juga dikenal istilah Hijimah dalam bahasa Arab yang artinya pelepasan darah kotor. Gua-sha istilah yang dipakai China untuk metode pengobatan satu ini.

Bekam memiliki banyak istilah di negara lain. Secara internasional, bekam disebut cupping. Metode pengobatan bekam menjadi alternatif bagi sebagian orang yang mengalami sejumlah penyakit dan kondisi tertentu.

Jika ingin mencoba metode pengobatan bekam, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti semua alat harus steril agar terhindar dari penyakit menular.

Ada beberapa orang yang dilarang menggunakan metode ini, seperti wanita hamil, wanita yang sedang menstruasi, orang yang punya riwayat kejang otot, lansia, anak-anak, penderita diabetes, hingga orang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Beberapa penyakit dipercaya dapat diatasi dengan metode bekam. Bola.com merangkum manfaat bekam untuk kesehatan dari berbagai sumber, Senin (24/2/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Mengatasi Racun, Angin, dan Kolesterol

Racun dan angin sering menjadi penyebab penyakit di tubuh Anda. Jika Anda mengidap kolesterol, bekam diklaim bisa mengatasi mengatasinya.

Racun, angin, dan kolesterol terletak pada darah di lapisan kulit Anda. Bekam dapat menarik keluar dengan cara menyedot darah kotor sehingga darah menjadi bersih dari tubuh.

Bekam kering adalah metode yang cocok untuk mengeluarkan racun dan angin agar tubuh menjadi lebih ringan. Jika racun yang ada di tubuh Anda tidak segera diobati, hati, yang memproses racun pada tubuh, tidak akan berfungsi dengan baik.

3 dari 5 halaman

2. Peredaran Darah Lancar

Metode bekam memberikan pengaruh positif terhadap peredaran darah Anda. Pemvakuman atau penyedotan darah kotor memiliki dampak baik bagi tubuh, karena aliran darah Anda menjadi lebih kuat.

Setelah dibekam, sel darah putih akan meningkatan jumlah produksi interferon hingga sepuluh kali lipat. Sebanyak 60 persen penyakit disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar.

4 dari 5 halaman

3. Mengatasi Kelelahan

Selain beristirahat, bekam juga bisa mengatasi rasa lelah. Kelelahan yang diakibatkan syaraf-syaraf yang kaku bisa diredakan dengan metode bekam.

Pada ajang Olimpiade Brasil 2016, bekam menjadi sorotan karena perenang Michael Phelps mencoba metode tersebut. Dilansir dari lama Health, bekam merupakan praktik kedokteran kuno Timur Tengah yang digunakan untuk mengobati segala macam penyakit, dari nyeri hingga penyakit darah dan radang sendi.

Bekam menyebabkan pembuluh darah kecil pecah dan memar pada tubuh. Sementara itu atlet menggunakan metode bekam sebagai alat pemulihan.

5 dari 5 halaman

Efek Samping yang Ditimbulkan Metode Bekam

Meskipun manfaat bekam untuk kesehatan cukup banyak, metode tersebut juga memiliki efek samping terhadap tubuh kita. Memar adalah efek samping yang ditimbulkan pada permukaan kulit tubuh.

Memar itu timbul akibat pecahnya pembuluh darah (kapiler) yang tersedot oleh alat bekam. Memar akan hilang dalam tiga sampai lima hari tergantung tubuh pasien dalam merespons pemulihan luka.

Selain memar, dampak seperti peradangan kulit, infeksi kulit, luka bakar bisa saja terjadi setelah melakukan metode bekam pada tubuh. Dilansir dari laman National Center for Complementary and Integrative Health, metode ini memiliki risiko menularkan penyakit melalui darah seperti hepatitis B dan C.

Maka sebaiknya sebelum Anda mencoba untuk pengobatan bekam, perhatikan alat-alat yang digunakan telah melalui proses sterilisasi. Alat bekam terkadang digunakan lebih dari satu orang.

Perlu diperhatikan dan mempertimbangkan segala manfaat dan risiko yang akan Anda alami untuk melakukan metode bekam. Jika prosedur dilakukan dengan baik maka hasil yang akan didapat akan baik pula. Sebaliknya jika melakukan di luar prosedur yang dianjurkan, maka Anda harus bersiap diri menerima risiko yang ada.

Video Populer

Foto Populer