Sukses


Paradoks Karier Lionel Messi: Tinta Emas di Barcelona, Minim Prestasi di Timnas Argentina

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi berhasil menorehkan tinta emas bersama Barcelona dengan merengkuh 34 titel juara. Berbanding terbalik dengan El Barca, Messi belum pernah meraih trofi juara bersama Timnas Senior Argentina.

Pemain berjulukan La Pulga itu kerap dikritik, karena tidak mau meninggalkan Barcelona untuk mencoba tantangan baru. Namun, sepertinya dia tidak butuh melakukannya untuk mempertegas kualitas sebagai pemain terbaik di dunia.

Torehan trofi dan penghargaan individu sudah cukup melegitimasi kualitas Lionel Messi sebagai satu di antara pemain terbaik sepanjang masa. Dia mencapai level bermain yang begitu tinggi, dan mungkin hanya bisa dibayangkan sebagian besar pemain lain.

Messi mulai berkarier di tim senior Barcelona pada 2004 lalu. Kini, setelah kurang lebih 16 tahun berseragam Los Cules, Lionel Messi sukses mempersembahkan 34 titel juara, beberapa di antaranya adalah 10 gelar La Liga, empat trofi Liga Champions, dan tiga Piala Super Eropa serta Piala Dunia Antarklub.

Lionel Messi juga berhasil mengukir berbagai rekor bersama Barcelona. Lantas, rekor apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Rekor Lionel Messi di level klub dan individu

1. Pemain yang paling sering mengukir hattrick di Liga Champions: 8 (bersama Cristiano Ronaldo).

2. Pemain dengan jumlah gol terbanyak pada fase grup Liga Champions: 68 gol.

3. Pemain dengan jumlah gol terbanyak pada 16 besar Liga Champions: 26 gol.

4. Pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak: 6.

5. Pemain dengan koleksi gol terbanyak di La Liga: 438 gol.

6. Pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim di La Liga: 50 (2011-2012).

7. Pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam satu tahun kalender: 79 (2012 - bisa mencapai 91 gol jika termasuk gol bersama Timnas Argentina).

8. Pemain dengan catatan hattrick terbanyak di La Liga: 36.

9. Pemain asing dengan trofi La Liga terbanyak: 10.

10. Pemain dengan koleksi sepatu emas Erropa terbanyak: 6.

11. Pemain dengan koleksi trofi terbanyak di klub: 34

3 dari 5 halaman

Torehan Lionel Messi di Timnas Argentina

Bak paradoks, karier Lionel Messi di Timnas Argentina benar-benar jauh dari cahaya gemerlap. Memperkuat tim senior Argentina sejak 2005, Messi tak mampu mempersembahkan satu pun titel juara.

Tak heran jika publik Argentina masih memandang sebelah mata Lionel Messi hingga saat ini. Bahkan, The Messiah tak dianggap sebagai legenda Argentina karena belum pernah mempersembahkan trofi mayor untuk negaranya.

Tekanan itu begitu besar, La Pulga bahkan sempat beberapa kali memutuskan gantung sepatu, sebelum akhirnya kembali memperkuat Timnas Argentina. Sejauh ini, dia hanya mampu membawa Argentina U-20 menjuarai Piala Dunia 2005 dan medali emas Olimpiade 2008 bersama Timnas U-23.

Berikut ini adalah rekor Lionel Messi di Timnas Argentina:

1. Pemain dengan koleksi gol terbanyak: 70 gol

2. Pemain Argentina termuda yang mencetak gol di Piala Dunia: 18 tahun 357 hari.

4 dari 5 halaman

Masih Berpeluang

Bagaimanapun, daftar rekor itu masih bisa diperpanjang atau pun diperbaiki oleh Messi, baik itu bersama Barcelona ataupun Timnas Argentina. Meski tidak lagi muda, Lionel Messi masih bermain di level tinggi.

Musim ini saja, dia masih jadi pencetak gol terbanyak di La Liga dengan torehan 19 gol. Bahkan ketika Barcelona bermasalah, Messi tetap bisa mencetak banyak gol untuk membantu tim.

Sayangnya, sepak bola sedang dihentikan sementara akibat pandemi virus corona. Lionel Messi harus beristirahat sejenak, sebelum kembali beraksi dan memecahkan rekor tanpa dia sadari.

Sumber: Express

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 13/04/2020)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer