Sukses


Liga Spanyol: Ronald Koeman Buka-bukaan Soal Pertemuan di Rumah Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Sejumlah hal membuat tugas Ronald Koeman di Barcelona terasa berat, satu di antaranya adalah meyakinkan Lionel Messi untuk bertahan di Camp Nou. Ronald Koeman bahkan sampai menyambangi kediaman Messi untuk menyamakan ide sepak bolanya dengan sang bintang.

Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barcelona ketika klub berada di titik nadir. Keuangan klub jeblok, konflik di level direksi menjelang pemilihan presiden, dan performa tim yang buruk di lapangan hijau.

Pelatih asal Belanda itu datang saat Barcelona menjadi sebuah tim yang babak belur. Mereka melewati musim 2019/2020 dengan jalan yang horor. Barcelona tidak meraih gelar dan sempat mengalami kekalahan buruk, yaitu 2-8 dari Bayern Munchen di Liga Champions.

Ronald Koeman memulai tugasnya di Barcelona dengan menggelar pertemuan bersama Lionel Messi. Ia membahas banyak hal. Ada beberapa kesamaan ide, tapi ada pula perbedaan di antara kedua kubu.

Video

2 dari 4 halaman

Pertemuan di Rumah Lionel Messi

Ronald Koeman menemui Lionel Messi di rumahnya. Ronald Koeman terbuka menyampaikan kepada Messi bahwa Luis Suarez, sahabat dekatnya, tidak masuk dalam rencana tim pelatih pada musim 2020/2021. Selain itu, ada banyak hal lain yang dibahas.

"Prioritas saya adalah berbicara dengan Messi terlebih dulu, untuk mendengarkan bagaimana dia melihat sesuatu," buka Ronald Koeman dikutip dari Marca.

"Di rumahnya, Messi memberi tahu saya segala macam hal. Saya mendengarkannya dengan cermat, tapi saya juga bicara: 'Saya tidak di sana'. Saya hanya bisa bicara bagaimana saya bekerja dan bagaimana saya ingin mengubah banyak hal di klub."

"Itu bagus, karena pada akhir percakapan kami berbicara tentang cara terbaik untuk menekan, tentang permainan, hanya tentang sepak bola," sambung Ronald Koeman.

3 dari 4 halaman

Lionel Messi Ingin Pindah

Ronald Koeman juga menerangkan apa yang terjadi pada awal musim saat Lionel Messi meminta pindah klub. Namun, seperti diketahui, pada akhirnya La Pulga tetap bertahan dan punya kontrak hingga Juni 2021.

"Lionel Messi ingin pergi, tapi klub tegas dia tidak bisa pergi. Nilainya sangat tinggi sehingga tidak ada klub yang mau membayarnya sekarang," kata Koeman.

"Jadi, bagi saya, pertanyaan utama adalah bagaimana saya akan mendapatkannya di lapangan sebagai pribadi dan sebagai pemain sepak bola."

"Ketika dia benar-benar mulai berlatih lagi setelah minggu yang sibuk itu, saya hanya melihat hal-hal yang baik. Sikapnya, tidak ada yang perlu dikeluhkan. Hal baiknya adalah ketika Messi melihat bola, dia bersenang-senang," sambung Ronald Koeman.

4 dari 4 halaman

Pemain Fantastis

Lionel Messi belum tampil sesuai harapan pada musim 2020/2021 ini. Namun, Ronald Koeman tidak harus merasa gelisah dengan aksi pemain berusia 33 tahun. Sebab, dia tahu bahwa segalanya berjalan dengan baik bersama Lionel Messi.

"Betapa pintar dia sebagai pemain sepak bola dan bagaimana dia melakukannya dengan sempurna secara teknis. Messi benar-benar membuat keputusan dengan bola pada saat-saat terakhir, dalam sepersekian detik," kata Ronald Koeman.

Lionel Messi juga disebut tidak butuh banyak instruksi dalam sesi latihan. La Pulga melakukan segala yang diinginkan tim pelatih dengan baik.

"Dia sangat pintar untuk bicara tentang sepak bola," tutup eks pelatih Everton.

Sumber: Algemeen Dagblad via Marca

Disadur dari: Asad Arifin

Video Populer

Foto Populer