Sukses


Belgia Tendang Swedia dari Piala Eropa 2016

Bola.com, Nice - Belgia menang 1-0 atas Swedia pada laga terakhir Grup E Piala Eropa 2016 di Allianz Riviera, Nice, Kamis (23/6/2016) dini hari WIB. Gol tunggal Belgia disarangkan Radja Nainggolan menit ke-84.

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar Piala Eropa 2016 dengan status runner-up Grup E. Skuat asuhan Marc Wilmots itu mendulang enam poin hasil dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Mereka hanya kalah selisih gol dari Italia yang menembus perdelapan final sebagai juara grup. Sementara itu, Swedia berada di dasar Grup E dengan nilai satu dan harus angkat koper dari Prancis.

Pada 16 besar, Belgia akan menghadapi Hungaria di Stadium Municipal, 26 Juni 2016. Sedangkan Italia menantang Spanyol di Stade de France, 27 Juni 2016.

Swedia mengawali laga dengan baik. Pada menit ke-5, Marcus Berg memiliki kesempatan untuk membawa Swedia memimpin. Namun, bola hasil tembakan kaki kanan Berg berhasil digagalkan kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Belgia yang turun dengan skuat terbaiknya baru memperoleh peluang mencetak gol pada menit ke-25. Sayang, upaya Kevin De Bruyne membawa Belgia memimpin lewat tembakan kaki kanan mampu dihentikan penjaga gawang.

Selepas itu, tidak banyak kesempatan mencetak gol yang didapat oleh kedua tim. Bola pun lebih sering berkutat di lapangan tengah. Hingga jeda, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Masuk paruh kedua, Swedia coba melancarkan serangan. Albin Ekdal memiliki kesempatan untuk membobol gawang Belgia pada menit ke-53. Tetapi, bola hasil tendangan Ekdal dari luar kotak penalti berhasil digagalkan Courtois.

Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne bergantian mengancam gawang Swedia. Namun, upaya keduanya pada menit ke-64 serta 66 dapat dihentikan kiper Swedia, Andreas Isaksson.

Masuk menit ke-75, Zlatan Ibrahimovic memperoleh kans untuk mengukir namanya di papan skor. Sayang, bola hasil tembakan keras Ibra dari luar kotak penalti masih belum mampu meruntuhkan ketangguhan Courtois di bawah mistar gawang Belgia.

Enam menit jelang waktu normal usai, Belgia akhirnya mampu memimpin. Umpan matang Eden Hazard berhasil dikonversikan Radja Nainggolan menjadi gol dengan tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Sampai pertandingan usai, skor 1-0 untuk kemenangan Belgia tetap bertahan.

Susunan pemain:
Swedia (4-4-2): 1-Andreas Isaksson; 14-Victor Lindelof, 4-Andreas Granqvist, 3-Erik Johansson, 5-Martin Olsson; 7-Sebastian Larsson (21-Jimmy Durmaz 70'), 9-Kim Kallstrom, 8-Albin Ekdal, 6-Emil Forsberg (22-Erkan Zengin 82'); 10-Zlatan Ibrahimovic, 11-Marcus Berg (20-John Guidetti 63').

Pelatih: Erik Hamren

Belgia (4-2-3-1): 1-Thibaut Courtois; 16-Thomas Meunier, 3-Thomas Vermaelen, 2-Toby Alderweireld, 5-Jan Vertonghen; 6-Axel Witsel, 4-Radja Nainggolan; 11-Yannick Ferreira-Carrasco (14-Dries Mertens 71'), 7-Kevin De Bruyne, 10-Eden Hazard (17-Divock Origi 90'); 9-Romelu Lukaku (20-Christian Benteke 87').

Pelatih: Marc Wilmots

Wasit: Felix Brych

Video Populer

Foto Populer