Sukses


NTB Jadi Tuan Rumah AFF Beach Soccer 2016

Bola.com, Jakarta - Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah AFF Beach Soccer 2016 yang akan digelar pada 9 Desember 2016. Turnamen sepak bola pantai tingkat Asia Tenggara itu akan digelar di Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

AFF Beach Soccer 2016 merupakan turnamen edisi kedua sepak bola pantai level Asia Tenggara. Edisi perdana turnamen tersebut digelar di Malaysia pada 2014, di mana tim tuan rumah menjadi juara.

Rencana awal turnamen ini seharusnya digelar di Vietnam pada Agustus 2016. Namun, turnamen tersebut harus ditunda karena Vietnam tidak menyanggupi. Indonesia pun diberi waktu untuk menyiapkan diri dan Pantai Senggigi di Lombok menjadi venue.

Sekjen Federasi Futsal Indonesia, Edhi Prasetyo, mengungkapkan bahwa Bupati Lombok Barat dan Gubernur NTB telah menyatakan kesanggupan menggelar turnamen tersebut. Indonesia akan diwakili sebuah tim yang berasal dari Kuta, Bali.

Persiapan yang sangat mepet membuat seleksi pemain bukan opsi untuk mempersiapkan tim.

"Timnya kami ambil dari Kuta karena mereka yang paling siap untuk mengikuti kegiatan ini. Seleksi pemain bukan opsi mengingat nanti terlalu lama persiapan pembentukan timnya," ujar Edhi Prasetyo di kantor Federasi Futsal Indonesia di Jakarta, Senin (3/10/2016).

Sepak bola pantai memang belum begitu digandrungi di Indonesia, berbeda dengan sepak bola konvensional dan futsal. Namun, Edhi Prasetyo menegaskan bahwa kesempatan menjadi tuan rumah akan sangat menguntungkan bagi Indonesia, terutama dalam aspek pariwisata pantai.

"Targetnya selain aspek sepak bolanya sendiri adalah kita bicara soal Indonesia yang merupakan negara dengan garis pantai yang begitu panjang. Aspek pariwisata akan sangat menguntungkan. Pemda NTB pun menyanggupi untuk menggelar kegiatan ini," ujarnya.

AFF Beach Soccer 2016 akan digelar pada 9 hingga 17 Desember 2016. Dalam edisi perdana di Malaysia dua tahun silam, Indonesia gagal menembus semifinal setelah di babak grup hanya menempati posisi ketiga meski sukses membantai FELDA, sebuah tim asal Malaysia, dengan skor telak 10-2.

Video Populer

Foto Populer