Sukses


4 Duel Lawan Vietnam yang Berakhir Manis Buat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sudah beberapa kali berduel dengan Vietnam pada pentas Piala AFF. Hasil menang, seri, dan kalah tersaji pada sejumlah pertemuan kedua tim.

Kedua tim bakal berhadapan pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016). Timnas Indonesia tak asing dengan atmosfer stadion karena pada masa lalu sempat beberapa kali dijamu Vietnam di tempat itu.

Sepanjang sejarah pertandingan Indonesia kontra Vietnam di Piala AFF, ada beberapa laga yang berakhir manis buat Indonesia. Pertandingan mana saja?

2 dari 5 halaman

Piala AFF 2000

1. Babak Semifinal Piala AFF 2000, Thailand.

Indonesia vs Vietnam 3-2.

Timnas Indonesia tampil sebagai runner up grup A di bawah tuan rumah Thailand di Piala AFF 2000. Sementara Vietnam menjadi juara grup B diikuti Malaysia.

Laga semifinal yang mempertemukan Indonesia kontra Vietnam berjalan seru. Saling kejar skor terjadi dalam sebuah laga yang menarik.

Indonesia yang dilatih Dananjaya unggul lebih dulu lewat sundulan Gendut Dony pada menit 39. Vietnam kemudian menyamakan skor melalui Nguyen Hong Son di menit 45.

Pada babak kedua Seto Nurdiyantoro kembali membuat Indonesia unggul di menit 75. Namun kelengahan di menit-menit akhir waktu normal membuat Vietnam kembali menyamakan skor lewat Vu Cong Tuyen di menit 90.

Babak perpanjangan waktu pun terpaksa digelar. Saat sepertinya duel harus berakhir lewat adu penalti, Gendut Dony tampil sebagai pahlawan. Gendut mencetak gol penentu kemenangan di menit 120 setelah menerima umpan matang dari Kurniawan Dwi Yulianto yang meliuk-liuk di pertahanan Vietnam.

3 dari 5 halaman

Piala AFF 2004

2. Babak Penyisihan Piala AFF 2004, Vietnam.

Vietnam vs Indonesia 0-3

Indonesia yang ditangani Peter Withe menantang tuan rumah Vietnam pada laga ketiga pada babak penyisihan grup A Piala AFF 2004 yang dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi. Sebelum bentrok, kedua tim sama-sama mengantongi poin empat.

Pada laga sebelumnya, Indonesia menang 6-0 atas Los dan imbang 0-0 lawan Singapura. Sementara Vietnam unggul 9-1 dari Kamboja dan imbang 1-1 kontra Singapura.

Tim Merah Putih harus menang jika ingin memperbesar peluang lolos ke semifinal. Tugas berat menanti lantaran Vietnam didukung puluhan ribu pendukung fanatik.

Namun Indonesia tampil luar biasa. Bek tengah Maully Lessy membuka skor pada menit 18. Indonesia kemudian menambah gol pada menit 21 melalui Boaz Solossa yang kala itu masih berusia 19 tahun. Ilham Jayakesuma kemudian menutup kemenangan dengan gonya di menit 45.

Akibat kekalahan itu, Vietnam kemudian tersingkir. Indonesia tampil sebagai juara grup diikuti Singapura.

4 dari 5 halaman

Piala AFF 2014

3. Babak Penyisihan Piala AFF 2014, Vietnam

Vietnam vs Indonesia 2-2

Indonesia kembali harus menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, pada pertandingan pertama babak penyisihan grup A. Pelatih Alfred Riedl yang menangani timnas menghadapi situasi kurang ideal lantaran kompetisi baru selesai selama sepekan, sebelum tampil di turnamen.

Vietnam membuka skor pada menit 11 melalui Que Ngoc Hai. Indonesia kemudian mengejar melalui Zulham Zamrun di menit 33.

Tuan rumah kemudian unggul lagi lewat gol Le Cong Vinh pada menit 68. Namun Alfred memetik buah dari pergantian pemain yang tepat. Samsul Arif yang tampil sebagai pemain pengganti kemudian mencetak gol di menit 84.

Indonesia memang tak menang di laga ini. Namun mengingat Tim Merah Putih datang dengan kondisi persiapan yang seadanya, skor seri di kandang Vietnam ini menjadi hasil yang cukup manis.

 

5 dari 5 halaman

Piala AFF 2016

4. Semifinal Leg Pertama Piala AFF 2016, Indonesia

Indonesia vs Vietnam 2-1

Laga semifinal pertama Piala AFF 2016 ini dijalani Indonesia sebagai runner up grup A dengan koleksi empat poin. Sementara Vietnam datang dengan status juara grup B dan menyapu tiga kemenangan.

Indonesia kehilangan duet bek tengah Fachrudin Wahyu dan Rudolf Yanto Basna yang terkena akumulasi kartu kuning. Padahal keduanya selalu menjadi starter di tiga laga babak penyisihan.

Pelatih Alfred Riedl kemudian menurunkan Manahati Lestusen yang baru sekali main sebagai pemain cadangan dan Hansamu Yama Pranata yang sama sekali belum pernah main. Hasilnya positif.

Hansamu mencetak gol pembuka timnas. Duet anyar itu akhirnya ikut membawa Indonesia menang 2-1 atas Vietnam pada laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, itu.

Kemenangan itu menjadi modal yang berharga buat Timnas Indonesia yang akan menjalani leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016). Timnas Indonesia cukup memetik hasil seri untuk melaju ke laga final Piala AFF 2016.

 

Video Populer

Foto Populer