Sukses


Iwan Setiawan: Janji Bentuk Permainan Persebaya yang Berkarakter

Bola.com, Surabaya - SosokĀ Iwan Setiawan didapuk menjadi pelatih kepala Persebaya Surabaya yang akan turun di Liga 2 2017. Sebuah tugas berat menanti eks pelatih Pusamania Borneo FC itu. Satu hal yang harus diketahuinya, bahwa kursi yang kini ia tempati sangat panas.

Kursi itu bisa membuat namanya melambung tinggi jika memenuhi ekspektasi, tapi juga bisa menjatuhkannya dengan keras bila gagal. Apalagi di awal kedatangannya ke Persebaya, tak sedikit Bonek Mania yang meragukan kemampuannya.

Seperti diketahui, manajemen Bajul Ijo mencanangkan target promosi ke Liga 1 musim depan. Sementara itu, halangan dan rintangan siap menghadang laju Persebaya. Iwan sendiri mengakui, tidak mudah untuk mewujudkannya.

Namun, nakhoda asal Aceh itu amat yakin mampu melewati hadangan dan meraih target yang dibebankan ke pundaknya. Lantas apa saja alasan Iwan meyakini mampu membawa Persebaya naik kasta musim depan?

Berikut penuturan Iwan kepada Bola.com pada Selasa (14/2/2017).

Anda ditarget membawa Persebaya promosi ke kompetisi kasta tertinggi, realistiskah?

Sangat berat, karena akan banyak rintangan yang harus kami hadapi sepanjang kompetisi. Apalagi kekuatan seluruh tim peserta hampir merata.

Apa kesulitan yang Anda hadapi dalam membangun tim Persebaya kali ini?

Alhamdulillah, hampir semua berjalan lancar. Kami hanya kesulitan mendapatkan dua pemain senior berkualitas untuk melengkapi kuota pemain senior di atas 25 tahun. Untuk pemain mudanya, hingga sekarang kami tidak menemukan kendala.

Tim seperti apa yang Anda bentuk?

Tim yang berkarakter, memiliki rasa bangga yang sangat besar pada timnya, serta punya semangat tinggi untuk memenangi pertandingan. Sejauh ini, semua pemain (sebanyak 27 pemain) sesuai dengan karakter yang sesuai dengan Persebaya Surabaya.

2 dari 2 halaman

Yakin Skuat Muda Bajul Ijo

Apakah Anda optimistis, dengan dukungan mayoritas pemain muda, Persebaya bisa penuhi target dari manajemen?

Sangat optimistis. Karena saya melihat anak-anak terus menunjukkan perkembangan yang siginifikan, baik secara skill maupun mental.

Tidak sedikit yang meragukan kemampuan Anda. Punya komentar soal itu?

Itu wajar, saya datang ke sini untuk membantu Persebaya. Kalau fans tidak percaya, tidak masalah. Yang terpenting bagi saya bekerja keras untuk mewujudkannya. Jujur, hal ini saya anggap sebagai tantangan yang mengasyikkan.

Bagaimana penilaian Anda kepada pemain yang kini menghuni skuat Persebaya? Ā Ā 

Mereka mayoritas masih muda, tapi mereka mempunyai prospek cerah. Saya percaya mereka akan terus berkembang.

Bagaimana kalau di kompetisi nanti mereka tidak bisa memenuhi harapan manajemen?

Saya tidak akan bicara kalau gagal, karena dengan pemain yang ada sekarang, saya percaya bisa meraih hasil maksimal.

Video Populer

Foto Populer