Sukses


Jajal Kamboja, Timnas Indonesia Hanya Bermodal 5 Pemain Senior

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menjajal Kamboja di Phnom Penh pada Selasa (6/6/2017). Mayoritas skuat Tim Merah-Putih didominasi pemain belia U-22. Hanya lima pemain senior yang dipanggil oleh pelatih, Luis Milla.

Luis Milla menjadikan duel kontra Kamboja sebagai pemanasan Timnas Indonesia U-22 bagi anak-asuhnya buat kepentingan SEA Games 2017. Namun, karena status laga uji coba ini bersifat resmi, nakhoda asal Spanyol tersebut memanggil sejumlah pemain senior. 

Milla agaknya tidak ingin Tim Garuda mengalami nasib tidak mengenakkan seperti saat beruji coba melawan Myanmar. Bermain di kandang Stadion Pakansari, timnas yang hanya bermodal pemain U-22 kalah 1-3. Padahal, uji coba tersebut masuk penghitungan ranking FIFA.

Kelima pemain senior yang akan dipanggil adalah Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Fachrudin, Kurnia Meiga, dan Bayu Pradana. Empat di antaranya bermain di Piala AFF 2016. Praktis, hanya Irfan saja yang absen karena dihantam cedera engkel.

Pemanggilan Stefano Lilipaly tidak mengherankan, mengingat gelandang serang naturalisasi berdarah Belanda tersebut tengah naik daun di klubnya, SC Cambuur.

Indonesia memang menjadwalkan dua laga uji coba di periode pertandingan persahabatan resmi FIFA pada periode 5-13 Juni 2017, yakni melawan Kamboja dan Puerto Rico.

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, memimpin latihan Timnas U-22 di Lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Minggu (7/5/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

PSSI berharap Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil positif dari dua laga itu. Hal tersebut tak lain demi menaikkan peringkat Indonesia di FIFA, yang kini berada di posisi 177, di bawah Kamboja yang berperingkat 175 dan Puerto Rico di posisi 134.

Keberadaan lima pemain senior berdampak terhadap pengurangan komposisi skuat U-22. Tiga pemain pilar yang menjadi andalan dalam beberapa laga uji coba terakhir justru ditepikan. Mereka adalah Hansamu Yama Pranata, Evan Dimas Darmono, dan Ezra Walian.

Ahmad Nur Hardianto yang absen pada  tiga laga uji coba terakhir kembali masuk dalam skuat. Namun, ia harus bersaing dengan duet penyerang sayap yang belakangan tampil trengginas, yakni Yabes Roni dan Marinus Mariyanto.

Timnas Indonesia U-22 baru mengadakan pemusatan latihan  (TC) di Bali pada 23-27 Mei 2017. Evan Dimas dkk. melakoni dua uji coba di Pulau Dewata. Kemenangan diperoleh saat melawan Persewangi dengan skor 1-0.  Selanjutnya Tim Garuda Muda kalah dengan skor sama oleh Bali United.

Komposisi Pemain

Skuat Timnas Indonesia

Kiper: Kurnia Meiga, Satria Tama

Belakang: Gavin Kwan Adsit, Andi Setyo, Fachrudin, Bagas Adi, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Osvaldo Haay Ardiles

Tengah: M Hargianto, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, Hanif Sjahbandi, Gian Zola, Irfan Bachdim, Febri Hariyadi, Miftahul Hamdi, Septian David, Saddil Ramdani

Depan: Yabes Roni, Marinus Mariyanto, Ahmad Nur Hardianto

Video Populer

Foto Populer