Tanpa Menpora, Ketua KOI Lepas Kontingen SEA Games 2015

oleh Aning Jati diperbarui 25 Mei 2015, 15:13 WIB
SEMANGAT, Kontingen Indonesia melakukan prosesi cium bendera sebagai pendongkrak semangat. (Bola.com/Arief Bagus Prasetiyo)

Bola.com, Jakarta Sebanyak 522 atlet yang akan berjuang di SEA Games 2015 Singapura dikukuhkan dan dilepas oleh Ketua KOI, Rita Subowo, dalam sebuah seremoni sederhana. Acara pengukuhan dan pelepasan ini diselenggarakan di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, Senin (25/5).

Berbeda dari sebelumnya, pengukuhan dan pelepasan kontingen SEA Games kali ini tidak dihadiri Menteri Pemuda dan Olah Raga. Rita, dalam sambutannya mengungkapkan ketidakhadiran Menpora Imam Nahrawi karena sang menteri di waktu bersamaan menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait persoalan PSSI.

Advertisement

Dalam pesannya kepada perwakilan atlet, pelatih, dan ofisial tim, Rita meyakini kontingen kali ini merupakan yang terbaik sehingga wajar bila masyarakat bisa berharap yang terbaik dari mereka.

"Junjung tinggi kehormatan negara. Selamat berjuang dan semangat berjuang. Jaga kekompakan sebelum, selama, dan sesudah SEA Games di Singapura," kata Rita.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olah Raga Kemenpora, Djoko Pekik, yang hadir mewakili Menpora turut memberikan wejangan. Di hadapan para atlet, Djoko menekankan agar seluruh atlet berjuang keras dalam setiap kesempatan.

"Hasil maksimal akan datang dari kerja keras. Upayakan bendera Merah-Putih berkibar di Singapura. Kumandangkan Indonesia Raya di setiap venue," ujar Djoko.

Pada SEA Games 2015 di Singapura, 5-16 Juni, Indonesia turun di 32 cabang olah raga dan mengirimkan 522 atlet dengan total kontingen sebanyak 748 orang. Jumlah itu akan berangkat secara bergelombang, hingga enam gelombang.

Gelombang pertama keberangkatan kontingen diawali pada Jumat (29/5). Kontingen yang pertama bertolak ke Singapura berjumlah 19 orang terdiri dari atlet, tim pelatih, dan ofisial cabang olah raga tenis meja dan squash.

Sehari sesudahnya giliran atlet, tim pelatih, dan ofisial cabang olah raga renang, anggar, dan sepak bola dengan total 72 orang. Akan tetapi, ada kemungkinan pula rombongan timnas U-23 berangkat pada Jumat (29/5).

"Untuk kontingen dalam jumlah besar berangkat pada 2 Juni, dengan jumlah kontingen 242 orang dari 11 cabang olah raga," tutur Taufik Hidayat, Chef de Mission kontingen SEA Games 2015.

Baca Juga :

Jadwal Lengkap Sepak Bola SEA Games 2015

SEA Games 2015: Timnas U-23 Ditargetkan Raih Emas

Tiket Anggar dan Wushu SEA Games 2015 Sudah Ludes