Alasan Kenapa Persib Lebih Pantas Juara Dibanding Sriwijaya FC

oleh Zaidan Nazarul diperbarui 20 Okt 2015, 12:40 WIB
Pemain Persib, Makan Konate dan teman-temannya saat tiba di hotel setelah final Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015). (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Bola.com, Surabaya - Sukses Persib Bandung merebut juara Piala Presiden 2015 memancing pengamat sepak bola di Jawa Timur, Mustaqim, berkomentar. Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2015 itu menilai Tim Maung Bandung pantas mendapatkan gelar tersebut karena ada beberapa hal yang mereka miliki. 

Menurut Mustaqim, Persib bisa memenangi Piala Presiden 2015 karena ketepatan penerapan taktik dan strategi yang diterapkan sang pelatih, Djadjang Nurdjaman. Pasalnya, Persib memiliki semua syarat untuk bermain ofensif mengingat banyaknya stok pemain yang berkarakter menyerang.

Advertisement

Namun, pola main yang biasa diterapkan Djadjang itu berubah saat tampil di final melawan Sriwijaya FC pada Minggu (18/1/2015) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Mereka tak melakukan serangan frontal seperti yang mereka lakukan selama ini. Ternyata taktik dan strategi yang diterapkan Persib ini berhasil memancing Sriwijaya FC untuk bermain lebih keluar.

Di mata Mustaqim, kondisi ini yang justru diinginkan Persib karena dengan Sriwijaya FC bermain terbuka. Persib mempunyai ruang untuk melakukan penetrasi dan tusukan ke jantung pertahanan lawan sehingga lahirlah gol pertama di menit ke-5 yang diciptakan Ahmad Jufriyanto melalui tendangan bebas.

Kemampuan mengaplikasikan perubahan pola main semacam ini menurut Mustaqim juga dipengaruhi faktor jam terbang dan kematangan para pemain. Sebab setelah mereka unggul 1-0, Persib tetap bermain sabar untuk mencari peluang di saat yang tepat.

“Persib bermain lebih efektif di pertandingan final. Sangat berbeda dengan sebelumnya. Secara keseluruhan Persib tampil luar biasa. Mereka menang karena kecerdikan pelatih,” tuturnya.

Mustaqim menyebutkan, Persib tak meladeni permainan cepat Sriwijaya FC adalah pilihan tepat karena banyak pemain muda di kubu Sriwijaya FC. “Kalau meladeni permainan Sriwijaya FC, mungkin hasilnya akan beda karena Sriwijaya FC memiliki pemain muda dengan stamina yang lebih baik,” jelas Mustaqim.

Karena itu, ia menganggap Maung Bandung memang pantas meraih juara Piala Presiden 2015 karena kemampuan pelatih dan pemainnya dalam menerapkan taktik strategi dan pola main yang tepat. "Tak terbantahkan lagi kalau Persib memang pantas jadi juara Piala Presiden 2015," ucap Mustaqim.

Baca Juga:

Efektivitas Jadi Kunci Persib Berpesta di SUGBK

Persib ke Istana Negara, Jupe Mau Bicara 2 Hal ke Presiden Jokowi

Spasojevic Mimpi Naik Gunung, Malam Hari Sebelum Persib Juara