Robben 2 Gol, Belanda Susah Payah Taklukkan Wales

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 14 Nov 2015, 04:56 WIB
Para pemain Belanda merayakan gol ke gawang Wales pada laga persahabatan di Cardiff City Stadium, Cardiff, Sabtu (14/11/2015) dini hari WIB. (AFP PHOTO / Oli Scarff)

Bola.com, Cardiff - Belanda dipaksa bekerja keras untuk mengalahkan Wales dengan skor 3-2 dalam laga persahabatan yang berlangsung di Cardiff City Stadium, Sabtu (14/11/2015) dini hari WIB.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Belanda rupanya sukses menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan 59 persen bola berbanding 41 persen milik Wales. Dari segi peluang, De Oranje juga lebih kreatif dengan menciptakan 11 percobaan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Sedangkan Wales hanya menciptakan sembilan percobaan yang empat diantaranya membahayakan gawang Belanda.

Belanda tancap gas sejak peluit babak pertama dibunyikan. Peluang perdana mereka hadir melalui aksi Bas Dost pada menit ke-17.

Advertisement

Akan tetapi, umpan hasil kreasi Terence Kongolo itu mampu diselamatkan kiper Wales  karena sepakan Dost tepat ke tengah gawang.

Dua menit berselang giliran Tom Lawrence yang menebar ancaman di depan gawang Belanda. Akan tetapi, sepakan Tom Lawrence masih bisa dimentahkan oleh kiper Belanda kawalan Jasper Cillessen.

Publik tuan rumah akhirnya terdiam pada menit ke-32. Dost sukses membawa Belanda unggul melalui sundulan setelag memanfaatkan umpan Daryl Janmaat.

Pada menit ke-44, Belanda hampir mencetak gol kedua melalui aksi Quincy Promes. Akan tetapi, sepakan kaki kanannya masih bisa diselamatkan kiper Wales kawalan Wayne Hennessey.

Wales akhirnya menyamakan kedudukan melalui Joe Ledley menjelang turun minum. Tendangan penalti Joe Allen menyusul handball Kongolo sebenarnya bisa diantisipasi Cillessen. Namun, bola muntah disambar Ledley yang menggetarkan jala Belanda.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Belanda langsung mengambil inisiatif serangan melalui aksi Arjen Robben. Akan tetapi, sepakan kaki kiri Robben masih bisa dibendung kiper Wales.

Robben akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-54. Memanfaatkan umpan Promes, gelandang Bayern Munchen itu melepaskan sepakan kaki kiri dari jarak dekat.

Pertandingan semakin seru ketika Wales menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-70. Adalah Emyr Huws yang melepaskan sepakan dari kiri gawang usai memanfaatkan umpan Joe Allen.

Sembilan menit sebelum bubar, Robben kembali mencetak gol. Usai menerima umpan Bost, Robben melepaskan sepakan kaki kiri dari tengah kotak penalti.

Hingga peluit panjang, tak ada lagi go tercipta dalam laga tersebut. Kemenangan ini menjadi penghibur bagi De Oranje setelah gagal berlaga di Piala Eropa 2016.

Susunan pemain

Wales: 1-Wayne Hennessey (12-Owain Fon Williams 74'), 2-Chris Gunter (23-Adam Henley 66'), 3-Neil Taylor (14-Paul Dummett 65'), 4-Ben Davies, 6-Ashley Williams (19-James Collongs 45'), 5-James Chester,  7-Joe Allen, 8-Andy King, 13-Jonathan Williams (15-George Williams (60'), 16-Joe Ledley (20-Emyr Huws 56'), 11-Tom Lawrence.

Pelatih: Chris Coleman (Wales)

Belanda: 1-Jasper Cillessen, 2-Daryl Janmaat, 3-Jeffery Bruma, 4-Virgil van Dijk (13-Joel Veltmen 45'), 5-Terence Kongolo, 6-Jordy Clasie (20-Riechedly Bazoer 87'), 8-Daley Blind, 10-Wesley Sneijder, 11-Arjen Robben, 7-Quincy Promes (17-Georginio Wijnaldum 90'), 9-Bas Dost.

Pelatih: Danny Blind (Belanda)

Wasit: Benoit Bastien (Prancis)