8 Fakta Menarik seusai Klub Andik Vermansah Juara Piala Malaysia

oleh Juprianto Alexander SianiparAning Jati diperbarui 12 Des 2015, 22:50 WIB
Selangor FA vs Kedah FA (Bola.com/Samsul Hadi)

Bola.com, Selangor - Selangor FA berhasil mengalahkan Kedah FA dengan skor 2-0 pada final Piala Malaysia di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (12/12/2015). Dua gol yang mengantarkan The Red Giants meraih gelar Piala Malaysia dicetak Ahmad Hazwan Bakri pada menit ke-4 dan 48.

Keberhasilan The Red Giants meraih gelar semakin terasa manis karena terjadi di depan suporter fanatik mereka. Tim asuhan Mehmet Durakovic juga berhasil menutup musim dengan manis setelah musim depan dipastikan akan bermain di Piala AFC seusai diputuskan finis sebagai runner-up Malaysia Super League.

Advertisement

Berikut fakta menarik yang dirangkum bola.com seusai Selangor FA meraih gelar Piala Malaysia:

1.Sukses Selangor FA mengalahkan Kedah FA di final membuat tim yang identik dengan warna merah dan kuning itu berhak meraih Piala Malaysia ke-33.

2. Selangor FA berhasil mengakhiri penantian mereka selama 10 tahun untuk meraih gelar Piala Malaysia. Terakhir kali tim yang didirikan 79 tahun silam meraih gelar tersebut tahun 2005.

3. Pemain sayap lincah Selangor FA, Andik Vermansah, berhasil mengikuti jejak Bambang Pamungkas dan Elie Aiboy. Tahun 2005, Bambang dan Elie juga berhasil mengantarkan Selangor meraih gelar Piala Malaysia.

4. Pelatih Selangor FA, Mehmet Durakovic, menjadi pelatih asing pertama yang sukses merengkuh gelar Piala Malaysia sebagai pemain dan pelatih. Semasa aktif menjadi pemain, Durakovic berhasil mengantarkan The Red Giants merengkuh gelar Piala Malaysia tahun 1995, 1996, dan 1997.

5. Tim yang promosi ke Malaysia Super League musim depan, Kedah FA, gagal meraih gelar kelima Piala Malaysia mereka seusai takluk dari Selangor FA. Tim asuhan Tan Cheng Hoe itu terakhir kali meraih gelar Piala Malaysia tahun 2008.

6. Pencetak dua gol kemenangan Selangor FA, Ahmad Hazwan Bakri, mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik di partai final. Statistik Hazwan malam ini, melepas enam tendangan melenceng, empat tendangan ke gawang, dan dua gol. Hazwan Bakri juga jadi top scorer Selangor FA di Piala Malaysia 2015 dengan empat gol.

7. Pengumpan yang berbuah gol dari kaki Hazwan Bakri, Guilherme de Paula, terlibat di lima dari 12 gol yang dicetak Selangor FA di sepanjang Piala Malaysia 2015. Detailnya, ia mencetak tiga gol dan memberi dua assist.

8. Kiper Selangor FA, Norazlan Razali, jadi satu-satunya pemain di klub berjulukan Red Giants itu yang tampil penuh di sepanjang Piala Malaysia 2015, dari penyisihan hingga partai final. Sementara di kubu Kedah FA ada Norazlan Razali (gelandang) dan Khairul Helmi (bek) yang mencatatkan prestasi serupa.