Presiden PSSI Diyakini Bakal Legawa bila Muncul Desakan KLB

oleh Ronald Seger Prabowo diperbarui 22 Feb 2016, 18:15 WIB
FX Hadi Rudyatmo, meyakini Presiden PSSI, La Nyalla Mattalitti, bisa menerima keinginan KLB dari anggota PSSI. (Bola.com/Romi Syahputra)

Bola.com, Solo - Desakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di sejumlah klub baik ISL maupun Divisi Utama terus menguat, seperti yang dilontarkan sejumlah klub di Jateng.

Mantan anggota Komite Normalisasi (KN) PSSI, FX Hadi Rudyatmo, meyakini Presiden PSSI saat ini, La Nyalla Matalliti, bakal legawa seadainya KLB benar-benar terlaksana.

"Saya yakin beliau akan legawa dengan keputusan itu (KLB), karena KLB adalah satu-satunya jalan mengurai problem sepak bola saat ini," kata pria yang akrab disapa Rudy tersebut, Senin (22/2/2016).

Kondisi sepak bola Indonesia karut-marut pasca dibekukannya organisasi PSSI oleh pemerintah melalui Menpora. Buntutnya, Indonesia dikenai sanksi oleh FIFA dan dilarang beraktivitas di level Internasional, lantaran adanya intervensi pemerintah.

Advertisement

Desakan KLB dikabarkan bakal diusung sejumlah klub dalam pertemuan klub-klub Divisi Utama di Ciamis Islamic Center, Ciamis, 24-25 Februari. Tuntutan tersebut nantinya akan dibawa dalam pertemuan dengan PT Liga Indonesia di Jakarta, 26 Februari.

Rudy yang juga Wali Kota Solo itu menjelaskan, perombakan di tubuh otoritas sepak bola tertinggi di Tanah Air jadi jalan terbaik agar segera terlepas dari jeratan pembekuan dan sanksi FIFA. Dengan pemilihan presiden dan kepengurusan baru, diharapkan ada sosok-sosok yang bersaing menjadi pemimpin PSS, yang murni bertujuan membawa sepak bola Tanah Air ke arah yang lebih baik.

"Paling tidak tahu sepak bola dan tidak membawa kepentingan apapun kecuali fokus pada kemajuan sepak bola Indonesia saja," tuturnya.

Terkait waktu, bulan April jadi momen ideal pelaksanaan KLB. "Bulan depan kalau bisa sudah mulai persiapan, lalu April eksekusi," tandas FX Hadi Rudyatmo, yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persis Solo itu.