Sriwijaya FC Gagal Bawa Pulang 3 Poin dari Kandang Persiba

oleh Gerry Anugrah Putra diperbarui 06 Mei 2016, 18:05 WIB
Supardi Nasir, klubnya Sriwijaya FC sukses memaksakan hasil imbang di kandang Persiba Balikpapan. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Balikpapan - Tim Sriwijaya FC harus puas dengan hasil imbang 0-0 saat dijamu Persiba Balikpapan dalam lanjutan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo di Stadion Persiba, Jumat (6/5/2016).

Hasil imbang ini jadi yang kedua bagi Laskar Wong Kito setelah meraih hasil yang sama saat imbang 1-1 dengan Persib Bandung pada pekan pertama, pekan lalu.

Bermain di kandang sendiri, tuan rumah tampil dominan pada awal laga. Peluang emas Persiba Balikpapan didapat pada menit ke-11 melalui, Oktavianus Maniani namun sepakannya dapat dihalau oleh penjaga gawang Sriwijaya FC, Teja Paku Alam.

Tak berselang lama, pemain Beruang Madu, Rahel Rahardiansyah kembali mengancam gawang Sriwijaya FC. Sayang, sepakannya mampu  diamankan Teja. Peluang tuan rumah lewat tendangan Shohei Matsunaga pada menit ke-21 juga kembali dimentahkan Teja yang bermain apik di bawah mistar Sriwijaya FC.

Terus ditekan, Sriwijaya terlihat frustrasi. Striker impor, Hilton Moreira diganjar kartu kuning karena melanggar Iqbal Samad pada menit ke-30. Gara-gara tekel tersebut, Iqbal Samad  sempat mendapat pertolongan dari tim medis.

Advertisement

Sriwijaya FC mendapatkan peluang emas pertama pada menit ke-37. Umpan diagonal dari Supardi gagal dimanfaatkan menjadi gol oleh Alberto Goncalves. Tandukan mantan pemain Persipura Jayapura itu bisa dihalau dengan sangat baik oleh Alfonsius Kelvan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persiba mengejutkan pertahanan Sriwijaya FC. Tendangan dari kotak penalti yang dilakukan Kurniawan Karman cukup mengagetkan pertahanan Sriwijaya FC. Sayang, sepakan Kurniawan melambung tinggi di atas mistar gawang Teja.

Lini belakang Sriwijaya FC yang begitu mudah ditembus menjadi ajang Kurniawan pamer kebolehan dengan meliuk-liuk di lapangan tengah. Kerja samanya dengan Oktovianus Maniani cukup merepotkan pertahanan Laskar Wong Kito.

Teja Paku Alam kembali bekerja keras pada menit ke-57. Sepakan keras dari Okto Maniani dari sudut kiri penyerangan Persiba bisa diantisipasi dengan baik oleh mantan pemain Sriwijaya U-21 itu.

Pada menit ke-66, Sriwijaya FC mendapatkan peluang emasnya yang pertama. Umpan jauh Beto Goncalves diterima dengan baik oleh Hilton Moreira. Sayang, pemain Brasil itu tak mampu memanfaatkan peluang. Tendangannya lemah dan dapat diantisipasi, Alfonsius.

Pertandingan berjalan seru memasuki menit akhir pertandingan. Pemain pengganti Heri Susanto, melakukan sepakan dari jauh dan lagi-lagi ditepis oleh Teja Paku Alam. 

Jual beli serangan tetap terjadi namun tidak ada gol yang tercipta.  Hasil imbang 0-0 membuat kedua tim harus puas dengan meraih satu poin pada pekan kedua Torabika SC 2016.

Susunan Pemain:

Persiba (4-4-2): Alfonsius Kelvan; Abdul Aziz Lutfi Akbar, Abdul Rahman, Ledi Utomo, Dirkir Kohn Glay; Iqbal Samad, Antonius Teles Junior, Kurniawan Karman, Oktavianus Maniani; Rahel Radiansyah, Sohei Matsunaga

Pelatih: Jaino Matos

Sriwijaya FC (4-4-2): Teja Paku Alam; Ngurah Wahyu Trisna, Achmad Jufriyanto, Supardi, Wildansyah; Firman Utia, Yu Hyun-koo, M. Ridwan, Fachrudin Aryanto; Alberto Goncalves, Hilton Moreira

Pelatih: Widodo C. Putro