Kemenpora Berharap Manor Tetap Pertahankan Rio Haryanto

oleh Oka Akhsan diperbarui 10 Agu 2016, 13:15 WIB
Pebalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, terancam terdepak dari tim Manor Racing pada paruh kedua F1 2016 karena terbelit masalah finansial. (Formula 1)

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) berharap Manor Racing tetap mempertahankan pebalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, pada paruh kedua F1 2016. Meski demikian, Kemenpora tak bisa menjanjikan bantuan apa pun kepada pihak Rio.

Kiprah Rio pada musim debut di lomba jet darat terancam berakhir prematur karena masalah finansial. Pebalap berusia 23 tahun itu harus segera mendapatkan dana segar dari sponsor demi mengamankan kursi di tim Manor sampai akhir musim.

Advertisement

Rio harus membayar sebesar 15 juta euro atau sekitar 219 miliar rupiah kepada Manor untuk membalap semusim penuh. Manajemen Rio baru menyetor 8 juta euro (Rp 116 miliar). Dana tersebut mayoritas berasal dari sponsor utama Rio, Pertamina dan kocek manajemen Rio.

Sesuai kesepakatan awal, dana tersebut hanya cukup untuk membalap selama setengah musim alias sampai seri ke-11, GP Hungaria. Namun, Manor tetap memberikan kesempatan Rio hingga balapan ke-12, GP Jerman.

Selepas balapan di Hockenheim, F1 2016 memasuki jeda musim panas. Dalam waktu selama tiga pekan lebih ini, Rio harus mendapatkan penyandang dana.

Jika tak bisa mendapatkan sponsor dan melunasi sisa pembayaran, maka Manor bisa saja mengganti Rio dengan pebalap lain pada paruh kedua musim. Beberapa nama yang disebut-sebut bakal menggantikan Rio di antaranya adalah Jordan King, Stoffel Vandoorne, Alexander Rossi, dan Esteban Ocon.

"Kami mengerti kondisi Manor. Namun, kami tetap berharap Rio tak diganti pebalap lain hanya karena masalah dana," kata Gatot S. Dewa Broto, Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, kepada AFP.

Gatot mengungkapkan Kemenpora sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu manajemen Rio mencari jalan keluar, termasuk menjalin komunikasi dengan calon sponsor. Hanya, sejauh ini usaha tersebut belum membuahkan hasil.

"Kami pesimistis sisa dana yang dibutuhkan dapat terkumpul dalam waktu dekat. Namun, kami tak bisa menjanjikan apa pun," ujar Gatot.

Sejauh ini, kubu Manor Racing belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait masa depan Rio Haryanto. Paruh kedua F1 2016 akan dimulai di Belgia pada 28 Agustus mendatang.