Filipina Dipastikan Tampil di Piala AFF Tanpa 2 Pemain Pilar

oleh Aning Jati diperbarui 03 Sep 2016, 09:45 WIB
Absennya Patrick Reichelt dan Simone Rota (kanan/putih) bisa jadi pukulan untuk timnas Filipina jelang Piala AFF 2016. (AFP/Jay Directo)

Bola.com, Manila - Filipina dipastikan tampil di Piala AFF 2016 tanpa dua pemain yang selama ini jadi pilar timnas. Dua pemain yang absen itu adalah Patrick Reichelt (pemain sayap) dan Simone Rota (bek).

Keduanya terpaksa menepi karena cedera yang mirip, ACL, yang membutuhkan waktu penyembuhan tidak singkat. Cedera itu diprediksi belum akan sembuh pada saat turnamen sepak bola paling elite di ASEAN itu dimainkan mulai 19 November 2016.

Rota, bahkan harus menjalani operasi dan divonis absen dari lapangan selama enam-tujuh bulan. Pemain Filipina berdarah Italia itu mengalami cedera di kompetisi domestik, United Football League, bersama klubnya Stallion FC.

Padahal, pemain 31 tahun itu diproyeksikan jadi pengganti Juani Guirado, yang memutuskan pensiun dari timnas usai melawan Korea Utara pada Maret lalu. Kebersamaannya Rota dengan Amani Aguinaldo di sektor bek tengah digadang-gadang bakal jadi poros kekukuhan lini belakang timnas asuhan pelatih Thomas Dooley ini di Piala AFF 2016.

Advertisement

Imbasnya, sang pelatih terpaksa menjajal pemain lain untuk ditempatkan mengisi pos Rota. Uji coba kontra Kirgizstan di Bishkek pada Selasa (6/9/2016) jadi ajang Thomas Dooley untuk mencermati komposisi skuatnya tanpa para pemain andalan yang absen.

Kemungkinan posisi Rota digantikan Dennis Villanueva, yang sebenarnya lebih sering dimainkan di posisi gelandang bertahan.

Sama seperti Rota, absennya Patrick Reichelt juga jadi pukulan buat The Azkals. Patrick Reichelt merupakan sayap andalan pada Piala AFF 2012 dan 2014. Pemain keturunan Jerman itu kerap jadi pilihan utama selain Iain Ramsay, Misagh Bahadoran, dan Stephan Schrock.

Di sisi lain, timnas Filipina diperkuat sebanyak 21 pemain untuk laga persahabatan internasional kontra Kirgizstan. The Azkals bertekad memenangi partai ini, tidak hanya untuk menaikan moral jelang Piala AFF namun demi meraih poin yang berguna untuk memperbaiki ranking di FIFA. 

"Pertandingan ini akan jadi ujian bagus karena lawan yang terbilang berat dan bila kami ingin lebih kuat di Piala AFF nanti, kami harus membiasakan diri melawan tim-tim kuat," kata Thomas Dooley seperti dikutip dari Sports Inquirer (2/9/2016).

Daftar pemain Filipina yang akan menjalani uji coba kontra Kirgizstan:

Daisuke Sato, Jovin Bedic, Amani Manuel Aguinaldo, Fitch Johnson Daviz Arboleda, Kevin Ingreso, Roland Richard Muller, Kenshiro Michael Daniels, Misagh Bahadoran, Philip James Younghusband, Dennis Villanueva, Jim Junior Munoz, Paolo Bugas, Simon Greatwitch, Manuel Ott, Martin Markus Steuble, Patrick Phillip Deyto, Iain Ramsay, James Joseph Younghusband, Neil Etheridge