FA Tak Pusing Cari Pengganti Allardyce

oleh Okky Herman Dilaga diperbarui 28 Sep 2016, 17:13 WIB
Ketua Eksekutif FA, Martin Glenn. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta Ketua Eksekutif FA, Martin Glenn, tak khawatir dengan kekosongan sementara kursi pelatih tim nasional Inggris pasca-dipecatnya Sam Allardyce, Selasa (27/9/2016). Untuk sementara, Gareth Southgate akan menggantikan posisi Allardyce.

Allardyce dipecat FA karena diduga terlibat skandal transfer pemain yang melibatkan pihak ketiga. Allardyce diketahui sempat memberikan cara ilegal agar bisa menghindari aturan kepemilikan pihak ketiga yang dilarang FA sejak musim 2008-2009.

Advertisement

Keputusan FA tersebut membuat kursi permanen pelatih timnas Inggris kini kosong. Menurut Glenn, pihaknya bakal berusaha mencari pelatih tetap untuk menggantikan tugas Allardyce.

"Kami memang sibuk dalam 24 jam terakhir. Anda mungkin membayangkan kami tidak memikirkan timnas Inggris. Namun, pekerjaan pertama sudah selesai dengan penunjukkan Southgate sebagai pelatih sementara," ujar Glenn.

"Pekerjaan kedua adalah belajar dari apa yang telah terjadi dan bagaimana mencari pendekatan baru. Namun, saya pikir kriteria untuk pelatih timnas Inggris masih sama."

"Tantangan terbesar adalah kami memiliki para pemain dengan potensial besar. Jadi, bagaimana cara terbaik untuk memaksimalkan potensi tersebut agar keluar dalam sebuah turnamen. Itu tugas yang harus kami selesaikan," ujar Glenn.

Saat ini, Inggris baru sekali menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2018. The Three Lions untuk sementara menempati urutan kedua Grup F dengan raihan satu kemenangan atas Slovakia.

FA bakal menjadikan Southgate sebagai pelatih sementara hingga pergantian tahun ini. Inggris masih akan menjalani kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Malta (8/10/2016), Slovenia (11/10/2016), dan Skotlandia (11/11/2016), serta satu laga uji coba kontra Spanyol (15/11/2016).

Sumber: The FA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini: