Rebut Pole di Australia, Marquez Patahkan Rekor Rossi-Lorenzo

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 22 Okt 2016, 14:00 WIB
Pebalap Honda, Marc Marquez, mengukir rekor pole terbanyak setelah menjadi yang tercepat pada kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (22/10/2016). (Bola.com/Twitter/MotoGP)

Bola.com, Phillip Island - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mencatat rekor baru saat merebut pole position pada MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (22/10/2016). Pria Spanyol tersebut kini menjadi pebalap dengan koleksi pole terbanyak di berbagai kelas Grand Prix, mengalahkan dua rivalnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Advertisement

Marquez mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 30, 189 detik pada sesi kualifikasi tersebut. The Baby Alien unggul 0,792 detik atas pebalap Marc VDS, Carl Crutchlow, yang menempati posisi kedua.  Bagi Marquez, ini merupakan pole ke-65 sepanjang kariernya di ajang balap motor grand prix. Tak ada pebalap lain yang memiliki koleksi pole lebih banyak dibanding Baby Alien.

Rekor prestisius tersebut sebelumnya disandang bersama oleh Marquez, Rossi, dan Lorenzo. Masing-masing pebalap papan atas tersebut mengantongi 64 pole. Rossi meraih pole ke-64 pada MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, akhir pekan lalu. Adapun Lorenzo mengukir pole ke-64 pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, 10 September 2016. 

Sayangnya, pole Rossi pekan lalu gagal disempurnakan dengan kemenangan di Motegi. Dia malah terjatuh dan akhirnya mempermulus jalan Marc Marquez merebut gelar juara dunia MotoGP untuk kali ketiga. Sedangkan pada seri Australia ini The Doctor malah harus mengawali balapan dari posisi ke-15 setelah tampil buruk pada sesi kualifikasi. 

Lorenzo juga belum berhasil menambah koleksi pole-nya. Sama seperti Rossi, Lorenzo juga tampil mengecewakan pada kualifikasi di Sirkuit Phillip Island. Dia hanya mampu merebut posisi start ke-12. 

Jadi, apakah kali ini Marquez bisa menyempurnakan rekor pole tersebut dengan kemenangan di MotoGP Australia, Minggu (23/10/2016) atau malah mengikuti jejak kesialan Rossi? 

Keberhasilan Marquez mengukir rekor pole terbanyak ini bisa dibilang sangat luar biasa. Rossi baru bisa membukukan pole ke-64 saat berusia 37 tahun. Padahal saat ini Marc Marquez baru berusia 23 tahun, sehingga peluangnya untuk menambah koleksi pole position masih terbuka lebar. 

Berita Terkait