Pluim Bertahan, PSM Depak 3 Pemain Impor

oleh Abdi Satria diperbarui 21 Des 2016, 18:45 WIB
Striker PSM Makassar, Luiz Ricardo tidak dipertahankan oleh manajemen PSM Makassar untuk menghadapi kompetisi musim depan. (PT GTS)

Bola.com, Makassar - PSM Makassar hanya bertengger di peringkat enam klasemen akhir Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Padahal, manajemen PSM awalnya mematok target tiga besar ketika merekrut Robert Alberts sebagai pelatih kepala. Belakangan, target itu direvisi jadi lima besar, namun gagal tercapai.

Sederet pemain pun menjadi korban kegagalan itu, termasuk tiga pemain asing bawaan Robert, yakni Ronald Hikspoors (Belanda), Kwon Jun (Korea Selatan), dan Luiz Ricardo (Brasil). Praktis, hanya Wiljan Pluim yang berpeluang dipertahankan. Kabarnya, gelandang asal Belanda ini minta perpanjangan kontrak selama dua musim seperti Robert sang mentor.

Advertisement

Meski belum ada pengumuman resmi, ketiga pemain asing ini hampir pasti tidak lagi bersama PSM dengan alasan berbeda. Ronald misalnya, didepak karena harus istirahat lama karena cedera. Sedangkan Luiz yang sempat menarik perhatian pada penampilanya awalnya bersama PSM di putaran kedua dinilai gagal tampil baik pasca cedera engkel.

Sementara itu, Kwon Jun, dianggap terlalu stylish dalam menghalau serangan lawan. "Tahun depan, materi PSM harus lebih baik kalau ingin bersaing di liga resmi," ujar Robert yang sudah mendatangkan bek asal Prancis, Steven Thicot.

Luiz malah sudah mengucapkan kata perpisahan kepada manajemen dan rekan setimnya di akun instagramnya, Ricardo09. "Senang bertemu kalian. Semoga sukses. Tuhan memberkati".

Munafri Arifuddin, CEO PSM menegaskan pihaknya memberi wewenang penuh kepada Robert untuk membentuk tim. Saat ini, kata Munafri, manajemen tengah mendekati dua pemain timnas sesuai permintaan Robert. "Soal siapa pemainnya, nanti kami umumkan setelah kesepakatan tercapai," katanya.

Sebelumnya, Robert mengaku skuatnya bermasalah di lini belakang. Kabar yang santer terdengar, PSM akan medatangkan Rizky Pora dan Fachrudin Aryanto. Ada juga nama Zulkifli Syukur yang ingin mengakhiri kariernya di Makassar.