Lionel Messi di Tahun 2016, Gagal Persembahkan Trofi untuk Argentina

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 26 Des 2016, 08:45 WIB
Perjalanan Lionel Messi di tahun 2016 tidaklah terlalu istimewa, dirinya masih gagal mempersembahkan trofi untuk Argentina. Berikut kisah bintang Barcelona itu sepanjang tahun 2016. (AFP/Nicholas Kamm)
Pada awal Januari, Lionel Messi memulai tahun dengan mendapatkan penghargaan FIFA Ballon d'Or menyingkirkan pesaingnya Cristiano Ronaldo. Sepanjang kariernya bintang Barcelona itu sudah mengoleksi lima trofi Ballon d'Or. (AFP/Miguel Ruiz)
Ada kisah mengharukan saat bulan Februari, dimana seorang anak yang mengidolai Lionel Messi memakai kaos dari kantong plastik. Bocah tidak mampu asal Afganistan itu ingin menyamai jersey yang dikenakan Messi. (AFP/Shah Marai)
Kasus pajak yang menjerat Lionel Messi akhirnya berakhir di pengadilan. Sekitar bulan Juni penyerang Barcelona itu menjalani sidang, kondisi ini sempat menimbulkan kabar jika sang pemain akan segera meninggalkan Barcelona. (AFP/Josep Lago)
Tahun 2016 sepertinya akan menjadi momen bagi Lionel Messi mempersembahkan gelar bagi Argentina. Pada babak grup Messi membawa tim Tango tampil dominan dengan meraih hasil sempurna. (AFP/Omar Torres)
Namun perjuangan Lionel Messi di Copa America berakhir antiklimaks, dirinya gagal eksekusi penalti dan Argentina kalah oleh Chile pada babak final. Untuk ketiga kalinya Messi hanya mampu mengantar tim Tango keluar sebagai runner-up. (AFP/Don Emmert)
Pasca kegagalan di Copa America, Lionel Messi akhirnya memutuskan pensiun dari timnas Argentina. Keputusan Messi membuat sejumlah fans berunjuk rasa untuk meminta Messi kembali ke tim Tango. (AFP/Emiliano Lasalvia)
Memulai musim 2016/2017 bersama Barcelona, Lionel Messi tampil dengan gaya rambut berwarna pirang. Mewarnai rambut sepertinya menjadi tren bagi sejumlah bintang lapangan hijau, selain Messi ada juga Aaron Ramsey. (AFP/Oli Scarff)
Dengan mengalahkan Sevilla, Lionel Messi berhasil mengantar Barcelona meraih trofi pertamanya di musim 2016/2017. Piala ini menjadi yang ke-29 sepanjang karier Messi bersama La Blaugrana. (AFP/Josep Lago)
Tidak lama setelah mengumumkan diri pensiun, akhirnya Lionel Messi kembali ke Timnas Argentina. Tampil melawan Uruguay pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018, Messi langsung tancap gas dengan mencetak gol. (AFP/Juan Mabromata)
Pada Oktober lalu, Lionel Messi mencetak sebuah hat-trick yang istimewa ke gawang Manchester City pada ajang Liga Champions. Hal ini terasa istimewa karena City kini dilatih oleh mantan pelatih Messi, Pep Guardiola. (AFP/Pau Barrena)

Berita Terkait