FOTO: 7 Maestro Sepak Bola yang Pensiun di Tahun 2017

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 19 Des 2017, 15:45 WIB
Berikut ini tujuh maestro lapangan hijau yang memutuskan untuk gantung sepatu di tahun 2017. Mulai dari gelandang kreatif Italia, Andrea Pirlo, hingga legenda hidup Brasil, Kaka. (Kolase foto-foto dari AFP)
1. Francesco Totti - Dirinya merupakan ikon dari AS Roma karena kesetiaannya yang tidak pernah pindah ke klub lain. Sepanjang karier Totti mencatatkan 786 penampilan dan mengemas 307 gol bersama Serigala Ibukota. (AFP/Tiziana Fabi)
2. Xabi Alonso - Memulai karier di Real Sociedad dan mengakhiri perjalanannya bersama klub Jerman, Bayern Munchen. Xabi memenangi dua trofi Liga Champions, bersama Liverpool pada 2005 serta Real Madrid pada 2014. (AFP/Javier Soriano)
3. Philipp Lahm - Kapten Bayern Munchen ini pensiun setelah 501 kali membela Bavaria. Sebanyak 19 gelar bersama Munchen dan satu trofi Piala Dunia 2014 pernah diraih pemain dengan posisi bek sayap tersebut. (AFP/Christof Stache)
4. Dirk Kuyt - Penyerang asal Belanda ini lama menghabiskan kariernya bersama Liverpool. Kuyt berhasil menutup kariernya dengan sempurna setelah mengantar klub pertamanya, Feyenoord menjadi juara Liga Belanda. (AFP/Saeed Khan)
5. Andrea Pirlo - Maestro lini tengah Italia ini akhirnya pensiun di usia 38 tahun bersama New york City FC. Pemain berjuluk Il Metronome itu sempat memperkuat tiga klub besar Italia, Inter Milan, AC Milan dan Juventus. (AFP/Marco Bertorello)
6. Frank Lampard - Gelandang asal Inggris ini gantung sepatu setelah 21 tahun berkarya di lapangan hijau. Pemain didikan West Ham ini kariernya bersinar saat membela Chelsea dengan tiga gelar Premier League. (AFP/Patrick Stollarz)
7. Kaka - Gelandang yang dikenal religuis ini akhirnya memutuskan pensiun di usia 35 tahun. Kaka merupakan pemain terakhir yang berhasil meraih gelar Ballon d'Or sebelum era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (AFP/Olivier morin)

Berita Terkait