Ditahan Persebaya, Aji Santoso Sesalkan Absennya Bek Asal Brasil

oleh Aditya Wany diperbarui 30 Mar 2018, 19:28 WIB
Persela Lamongan bermain imbang 1-1 melawan Persebaya Surabaya pada pekan kedua Liga 1 2018. (Bola.com/Rizal Febriyansyah)

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan harus puas hanya memetik satu angka setelah bermain imbang 1-1 melawan Persebaya Surabaya pada laga pekan kedua Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (30/3/2018) sore.

Persela unggul terlebih dahulu di laga ini. Gelandang serang asal Brasil, Diego Assis sukses merobek gawang Persebaya yang dikawal oleh Miswar Saputra pada menit ke-56.

Advertisement

Namun, Persebaya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-69. Adalah striker anyar asal Brasil, David da Silva yang membuat Bajul Ijo urung tumbang atas klub tetangganya itu.

“Cukup disayangkan sebenarnya kami unggul tapi Persebaya bisa menyamakan skor. Ini pertandingan kandang pertama kami dan itu memang tidak mudah. Banyak tim yang juga perlu adaptasi saat menjalani laga kandang pertama,” kata Aji Santoso, pelatih Persela setelah pertandingan.

Persela sebenarnya sempat menampilkan permainan agresif pada pertengahan babak kedua. Birrul Walidain dan kawan-kawan bermain lebih berani menekan pertahanan Persebaya di babak kedua.

Menurut Aji, gol yang bersarang ke gawang timnya lahir karena kesalahan pemain belakang. Kesalahan itu dimanfaatkan gelandang Persebaya, Robertino Pugliara, yang mengirimkan umpan lambung kepada Da Silva.

Striker bernomor punggung 17 itu sempat mendorong bola yang hampir berada di jangkauan kiper Persela, Dwi Kuswanto. Bola itu kemudian sukses diteruskan hingga menggetarkan jala gawang Laskar Joko Tingkir.

Menurut Aji, satu di antara alasan kurang apiknya penampilan pemain belakang terletak pada absennya bek asal Brasil, Wallace Costa Alves. Wallace belum bisa diturunkan karena KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) yang menjadi syarat bergabung dirinya ke Persela masih belum selesai.

“Pemain kami salah mengantisipasi gol itu. Absennya Wallace juga mereduksi kekuatan lini belakang kami, namun saya tetap mengucapkan terima kasih kepada semua pemain yang telah berjuang maksimal di laga ini,” ungkap Aji.

Hasil ini membuat Persela masih belum memetik kemenangan dalam dua laga Liga 1 2018. Sebelumnya, mereka malah tumbang 1-2 dari Persipura Jayapura, 24 Maret 2018.