2 Kekalahan Liverpool di Final Liga Champions

oleh Aditya Wicaksono diperbarui 06 Mei 2018, 13:02 WIB
Liverpool akan menghadapi Real Madrid pada laga final Liga Champions 2018. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Bola.com - Liverpool memastikan tempat di final Liga Champions pada musim 2017-18. Pencapaian tersebut merupakan pencapaian kedelapan sepanjang keikutsertaan mereka di kompetisi tersebut.

Advertisement

Liverpool menyingkirkan AS Roma pada laga semifinal Liga Champions. Agregat 7-6 mengantarkan The Reds tampil pada laga puncak.

Liverpool pun sudah ditunggu Real Madrid yang menyingkirkan Bayern Munchen. Laga nanti diprediksi akan menarik karena persaingan Jurgen Klopp dan Zinedine Zidane.

Saat ini, Liverpool berstatus sebagai klub tersukses Inggris di Liga Champions. Lima gelar di ajang tersebut menjadi buktinya.

Kali terakhir Liverpool menjadi juara Liga Champions adalah pada tahun 2005. Laga melawan AC Milan menjadi satu di antara pertandingan final terbaik di Liga Champions.

Secara total, Liverpool sudah delapan kali menembus laga final, termasuk pada kompetisi kali ini. The Reds menang lima kali dan kalah dua kali.

Berikut ini merupakan dua kekalahan Liverpool pada laga final Liga Champions:

2 dari 3 halaman

Piala Eropa (Liga Champions) 1984-85

Zbigniew Boniek (Juventus) dan Jim Beglin (Liverpool). (doc. Forza Italia Football)

Liverpool yang berstatus sebagai juara bertahan berhadapan dengan Juventus yang mengincar gelar pertamanya. Laga tersebut berlangsung di Heysel Stadium, Brussels, Belgia, yang akhirnya dikenang karena tragedinya.

Tragedi tersebut terjadi sebelum kick off. Suporter Liverpool mendesak masuk sehingga akhirnya merobohkan pagar pembatas. Tragedi tersebu mengakibatkan 39 orang meinggal dan ratusan lainnya cedera.

Meskipun tragedi tersebut terjadi, UEFA tetap memutuskan untuk melanjutkan laga. Pada akhirnya, Juventus menjadi pemenang dengan skor 1-0 lewat gol penalti yang dicetak Michel Platini.

Setelah laga tersebut, UEFA memberikan hukuman larangan bertanding di kompetisi Eropa selama lima tahun untuk seluruh klub Inggris.

 

3 dari 3 halaman

Liga Champions 2006-07

Filippo Inzaghi membobol gawang Pepe Reina pada laga final Liga Champions 2007.

Liverpool kembali ke final Liga Champions pada 2007 setelah dua tahun sebelumnya menjadi juara. Lawan yang mereka hadapi sama dengan dua tahun sebelumnya, yaitu AC Milan.

Setelah melewati malam yang ajaib di Istanbul, Liverpool berharap bisa mengoleksi gelar Liga Champions keenamnya Athena. Namun, harapan The Reds kandas setelah mereka takluk dengan skor 1-2.

Dua gol AC Milan dicetak Filippo Inzaghi, sedangkan Liverpool hanya sanggup membalas melalui Dirk Kuyt pada menit-menit akhir laga.

Berita Terkait