Penyerang Tajam Bernomor Punggung 9 pada Piala Dunia 2018

oleh Tyo Harsono diperbarui 06 Jun 2018, 08:40 WIB
Para suporter negara-negara yang berlaga di Piala Dunia 2018. (dok. Twitter DFB)

Bola.com, - Nomor punggung sembilan identik dengan penyerang haus gol di kotak penalti lawan. Fakta tersebut membuat sejumlah penyerang top yang menyandang nomor punggung keramat tersebut diharapkan bisa berbuat banyak pada Piala Dunia 2018.

Advertisement

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 tinggal menunggu hitungan hari. FIFA selaku pihak penyelenggara meminta setiap negara mendaftarkan skuat yang akan bermain di Rusia sekaligus nomor punggung setiap pemain.

Sejak edisi 1954, FIFA meminta setiap pemain yang tampil di Piala Dunia untuk memiliki nomor punggung tetap. Hal tersebut agar memudahkan wasit yang bertugas.

Pada masa lalu, nomor punggung sembilan menjadi simbol penyerang berbahaya di setiap tim. Penyerang-penyerang legendaris seperti Ronaldo Nazario, Gabriel Batistuta, hingga Alan Shearer pernah mengenakan nomor tersebut.

Sejumlah penyerang top bakal bernomor punggung sembilan siap menjadi tumpuan negara masing-masing seperti Gonzalo Higuain, Gabriel Jesus, hingga Luis Suarez. Lantas, siapa saja pemilik nomor punggung sembilan pada Piala Dunia 2018?

Berkut ini adalah daftar pemain bernomor punggung sembilan pada Piala Dunia 2018:

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

2 dari 9 halaman

Grup A

Marwan Mohsen (Mesir)

Pemain Kolombia, Santiago Arias (kiri) berusaha melewati adangan pemain Mesir, Marwan Mohsen pada laga uji coba di "Atleti Azzurri d'Italia Stadium”, Bergamo, (1/6/2018). Mesir dan Kolombia bermain imbang 0-0. (AP/Antonio Calanni)

Alan Dzagoev (Rusia)

Bintang tim nasional Rusia, Alan Dzagoev. (AFP/Adrian Dennis).

Hattan Bahebri (Arab Saudi)

Penyerang Arab Saudi, Hattan Bahebri. (Twitter)

Luis Suarez (Uruguay)

Striker Uruguay, Luis Suarez, merayakan gol bunuh diri pemain Paraguay pada laga kualifikasi piala dunia 2018 di Stadion Defensores del Chaco, Rabu (6/9/2017). Uruguay menang 2-1 atas Paraguay. (AFP/Daniel Duarte)
3 dari 9 halaman

Grup B

Omid Ebrahimi (Iran)

Penyerang Iran, Omid Ebrahimi. (Twitter)

Ayoub El Kaabi (Maroko)

Penyerang Maroko, Ayoub El Kaabi. (Twitter)

Andre Silva (Portugal)

Pemain timnas Portugal, Andre Silva merayakan gol ke gawang Swiss pada laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion da Luz, Selasa (10/10). Portugal akhirnya memastikan lolos ke Piala Dunia 2018 usai menang 2-0. (AP/Armando Franca)

Rodrigo (Spanyol)

Striker Spanyol, Rodrigo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Albania pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Rico Perez, Jumat (6/10/2017). Spanyol menang 3-0 atas Albania. (AP/Alberto Saiz)
4 dari 9 halaman

Grup C

Tomi Juric (Australia)

Striker Australia, Tomi Juric, melepaskan tendangan ke gawang Honduras pada laga leg kedua babak play-off Piala Dunia 2018 di Stadion ANZ, Sydney, Rabu (15/11/2017). Australia menang 3-1 atas Honduras. (AP/Daniel Munoz)

Nicolai Jorgensen (Denmark)

Striker Feyenoord, Nicolai Jorgensen, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Napoli pada laga Liga Champions di Stadion Kuip, Rotterdam, Rabu (6/12/2017). Feyenoord menang 2-1 atas Napoli. (AFP/John Thys)

Olivier Giroud (Prancis)

Striker Prancis, Olivier Giroud, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Irlandia pada laga persahabatan di Stadion Stade de France, Senin (28/5/2018). Prancis menang 2-1 atas Irlandia. (AP/Thibault Camus)

Paolo Guerrero (Peru)

Peru, Denmark, dan Prancis mendesak FIFA untuk memberikan sanksi larangan tampil di Piala Dunia untuk kapten Timnas Peru, Paolo Guerrero, yang positif menggunakan narkoba. (AFP/Ernesto Benavides)
5 dari 9 halaman

Grup D

Gonzalo Higuain (Argentina)

Gaya pemain Argentina, Gonzalo Higuain melompat menghidari adangan pemain Haiti pada laga uji coba di Buenos Aires, Argentina, (29/5/2018). Argentina menang 4-0. (AP/Victor R. Caivano)

Andrej Kramaric (Kroasia)

Andrej Kramaric (Google)

Bjorn Sigurdarson (Islandia)

Bjorn Bergmann Sigurdarson. (Youtube)

Odhion Ighalo (Nigeria)

6. Odion Ighalo (Watford), 14 gol dari 33 penampilan. (AFP/Olly Greenwood)
6 dari 9 halaman

Grup E

Gabriel Jesus (Brasil)

Striker Brasil, Gabriel Jesus, mencetak gol ke gawang Jerman pada laga persahabatan di Stadion Olympiastadion, Berlin, Selasa (27/3/2018). Jerman takluk 0-1 dari Brasil. (AP/Michael Sohn)

Daniel Colindres (Kosta Rika)

Penyerang Kosta Rika, Daniel Colindres. (Twitter)

Aleksandar Mitrovic (Serbia)

Aksi Aleksandar Mitrovic (kiri) saat melawan Modova pada laga grup D di Partizan Stadium, Belgrade, Serbia, (2/9/2017). Mitrovic telah mencetak enam gol untuk Serbia selama kualifikasi Piala Dunia 2018. (AP/Darko Vojinovic)

Haris Seferovic (Swiss)

Bek Portugal, Jose Fonte, berebut bola dengan striker Swiss, Haris Seferovic, pada laga kualifikasi Piala Dunia di Stadion Luz, Selasa (10/10/2017). Portugal menang 2-0 atas Swiss. (AP/Armando Franca)
7 dari 9 halaman

Grup F

Timo Werner (Jerman)

Striker Jerman, Timo Werner, menggiring bola saat laga final Piala Konfederasi di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Minggu (2/7/2017). (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Raul Jimenez (Meksiko)

4. Raul Jimenez (Meksiko) - Raul Jimenez diharapkan bisa menjadi pencetak gol ulung Meksiko. Namun striker Benfica tersebut hanya mampu mencetak satu gol dan tidak banyak berkutik ketika menghadapi negara yang lebih hebat. (EPA/Peter Powell)

Kim Shin-wook (Korea Selatan)

Penyerang Korea Selatan, Kim Shin-wook. (doc. FIFA)

Marcus Berg (Swedia)

Gelandang AS Roma, Daniele De Rossi berusaha merebut bola dari pemain Swedia, Marcus Berg saat bertanding di kualifikasi Piala Dunia 2018 di Solna (10/11). Seperti Buffon De Rossi gagal mengantar Itali lolos ke Rusia. (AFP Photo/Jonathan Nackstrand)
8 dari 9 halaman

Grup G

Romelu Lukaku (Belgia)

Striker Belgia, Romelu Lukaku, tampak kecewa gagal membobol gawang Portugal pada laga persahabatan di Stadion King Baudouin, Brussels, Sabtu (2/6/2018). Kedua negara bermain imbang 0-0. (AFP/Emmanuel Dunand)

Harry Kane (Inggris)

Gelandang Inggris, Dele Alli, merayakan gol yang dicetak Harry Kane ke gawang Nigeria pada laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Sabtu (2/6/2018). Inggris menang 2-1 atas Nigeria. (AFP/Ben Stansall)

Gabriel Torres (Panama)

Penyerang Panama, Gabriel Torres. (Twitter)

Anice Badri (Tunisia)

Penyerang Tunisia, Anice Badri. (Twitter)
9 dari 9 halaman

Grup H

Radamel Falcao (Kolombia)

Radamel Falcao jadi kapten di timnas Kolombia (PABLO PORCIUNCULA / AFP)

Shinji Okazaki (Jepang)

Striker Jepang Shinji Okazaki (kiri) melesakkan bola ke gawang tanpa bisa dihalau kiper Argentina Sergio Romero pada pertandingan persahabatan di Stadion Saitama, 8 Oktober 2010. AFP PHOTO/JIJI PRESS

Robert Lewandowski (Polandia)

Striker Polandia, Robert Lewandowski, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Montenegro pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion National, Warsawa, Minggu (8/10/2017). Polandia menang 4-2 atas Montenegro. (AP/Czarek Sokolowski)

Mame Diouf (Senegal)

Manchester United mengkonfirmasi merekrut striker asal Senegal, Mame Biram Diouf dari klub asal Norwegia, FC Molde. (fotball)

Berita Terkait