Ayo Latihan dan Siapkan Energi untuk Ikut MILO Jakarta International 10K!

oleh Reza pada 03 Jul 2018, 17:08 WIB
Siapkan diri sebelum ikutan MILO Jakarta International 10K 2018 dengan lakukan tips-tips ini! (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bola.com, Jakarta - Pergelaran acara lari masih terus bermunculan dan diminati di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu acara lari yang selalu ditunggu-tunggu adalah MILO Jakarta International 10K (MILOJI10K). Yup, acara yang bakal diselenggarakan pada Minggu 15 Juli 2018 ini, start dan finish akan bertempat di Kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta.

#MILOJI10K adalah lomba lari jalan raya sepanjang 10 kilometer terbesar di Indonesia yang diikuti lebih dari 15.000 peserta, termasuk komunitas-komunitas lari di Jakarta.

Advertisement

Berhubung jaraknya lumayan jauh, bagi Anda yang ingin lari cepat perlu adanya persiapan matang. Jangan sampai saat mengikuti lomba tersebut karena tidak ada persiapan malah bisa membuat Anda cidera.

Untuk itu, agar mampu mendapatkan lari yang maksimal saat ikut ajang tersebut, berikut tips, seperti dikutip Liputan6.com, (16/10):

Disiplin

Membuat jadwal latihan lari mampu meningkatkan kedisplinan Anda sebelum ikut lomba lari. Hal itu merupakan langkap pertama agar latihan lari Anda optimal. Jangan sampai, saat tubuh sedang tidak fit Anda paksakan untuk latihan. Perlu adanya waktu tubuh istirahat dan berolahraga. 

Sebagai contoh, jangan latihan lari jika tidur Anda tidak cukup. Hal itu tentu akan membuat tubuh Anda akan lemas dan berujung sakit pegal.

Anda bisa memulai latihan dengan target dan lebih memikirkan intensitas, ketimbang sekadar memenuhi jarak dan kilometer yang ditempuh.

Latihan rutin

Perlu diketahui, menurut salah satu pakar kesehatan, lari dengan jarak yang panjang bisa membentuk kapasitas tubuh. Hal itu diuji dengan seringnya latihan seseorang untuk mengolah tubuh.

Dengan begitu, kardiovaskular—sebuah sistem organ jantung dan jaringan pembuluh darah—akan bekerja lebih efisien dan akan memberikan kekuatan saat berolahraga, lari salah satunya.

Siapkan diri sebelum ikutan MILO Jakarta International 10K 2018 dengan lakukan tips-tips ini! (Ilustrasi/iStockphoto)

Untuk mengujinya, Anda cukup ambil rata-rata dari durasi lahitan rutin biasanya. Setelah itu, coba Anda tambahan 5-10 menit. Jadi sebagai contoh, jika Anda kuat lari selama 20 menit tampa henti, karena akan ikut lomba lari, Anda bisa tambahkan beberapa menit.

Ingat, jangan dipaksakan Anda harus lihat dan sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda. Lakukan hal itu dalam beberapa minggu latihan Anda. Jika, berhasil teruskan.

Latihan menambah kecepatan

Sebelum mengikuti lomba lari, ada baiknya Anda mengetahui timing tepat kapan harus berlari normal ataupun kapan harus menambah kecepatan.

Nah, saat ikut lomba lari Anda perlu latihan dengan mengawali lari dengan kecepatan normal. Lalu, tingkatkan kecepatan Anda pada jarak 1 kilometer terakhir atau menjelang garis finish.

Antusias para peserta saat ramaikan lomba lari 'Milo Jakarta International 10K' di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (24/7). Lomba lari tersebut dibula langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Dengan latihan tersebut, membuat Anda siap kapan harus menambah speed dan membuat Anda berlatih keras untuk mengatur napas perlahan-lahan sembari menambah kecepatan.

Kalau sudah mempersiapkan latihan seperti di atas, pastikan asupan nutrisi dan energi Anda pada hari H telah tercukupi dengan sarapan bergizi dan dilengkapi segelas MILO. Lalu, usahakan untuk hadir di tempat acara tepat waktu agar sempat melakukan pemanasan. Waktu start MILOJI10K sendiri akan dimulai pada pukul 06.00 WIB.

Yuk, persiapkan energi Anda untuk mengikuti MILOJI10K dan raih hadiah jutaan rupiah! Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman ini.

 

 

(ADV)