11 Pemain Terbaik di Piala Dunia 2018 Tuai Kontroversi

oleh Rizki Hidayat diperbarui 18 Jul 2018, 05:32 WIB
Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Prancis berhasil menjadi juara setelah membekuk Kroasia dengan skor akhir 4-2. (AP Photo/ Martin Meissner)

Bola.com - Perhelatan Piala Dunia 2018 telah rampung dihelat dan timnas Prancis keluar sebagai juara. Selain itu, 11 pemain terbaik Piala Dunia 2018 telah diumumkan.

Advertisement

Akan tetapi, 11 pemain terbaik pilihan FIFA di pesta sepak bola antarnegara di dunia tersebut menuai kontroversi. Sebab, beberapa pesepak bola yang bermain impresif tak masuk dalam daftar tersebut.

Nama penyerang timnas Inggris, Harry Kane, tidak ada dalam daftar starting XI. Padahal, Kane berhasil meraih sepatu emas berkat koleksi enam gol.

Thibaut Courtois yang tampil apik bersama timnas Belgia juga tidak menghuni daftar 11 pemain terbaik di Piala Dunia 2018. Courtois dinilai layak berada dalam daftar tersebut, karena membawa Belgia meraih peringkat ketiga dan menerima penghargaan Golden Gloves.

Selain Kane dan Courtois beberapa pesepak bola yang namanya tak masuk dalam daftar 11 pemain terbaik versi FIFA adalah Paul Pogba, N'Golo Kante, Kevin de Bruyne, Ivan Persic, serta Lucas Hernandez.

Daftar 11 pemain terbaik di Piala Dunia 2018 menuai berbagai tanggapan dari netizen. Sebagian besar menyayangkan pilihan pemain di FIFA World Cup 2018 Official Team of the Tournament.

"Paulinho dan Neymar masuk daftar FIFA Best XI di Piala Dunia sedangkan pemain-pemain seperti Rakitic, Kante, dan Perisic tidak masuk. Keputusan buruk FIFA pasti tidak akan berhenti dalam waktu dekat," tulis akun @SeunOreks

"Ashley Young masuk dalam daftar resmi World Cup Best XI. Itu luar biasa," tulis akun @KieJames97.

"Bagaimana mungkin Dejan Lovren masuk dalam daftar World Cup Best XI? Dia bahkan bukan bek terbaik di Kroasia. Saya lebih memilih Domagoj Vida," tulis akun @josh_trownson.

"Tidak yakin bagaimana Paulinho dan Neymar bisa masuk dalam World Cup Best XI," tulis akun @bshepss.

Berikut ini adalah daftar 11 pemain terbaik di Piala Dunia 2018:

2 dari 12 halaman

Kiper: Hugo Lloris (Timnas Prancis)

Kiper Prancis, Hugo Lloris berusaha menghalau tendangan bek Italia Leonardo Bonucci saat pertandingan persahabatan di stadion Allianz Riviera di Nice, Prancis selatan (1/6). Prancis menang telak 3-1 atas Italia. (AP Photo / Claude Paris)
3 dari 12 halaman

Bek kanan: Kieran Trippier (Timnas Inggris)

Bek kanan timnas Inggris, Kieran Trippier (Twitter/Kieran Trippier)
4 dari 12 halaman

Bek tengah: Raphael Varane (Timnas Prancis)

Bek Timnas Prancis Raphael Varane merayakan gol ke gawang Uruguay pada laga 8 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7/2018). (AFP/Mladen Antonov)
5 dari 12 halaman

Bek tengah: Dejan Lovren (Timnas Kroasia)

Dejan Lovren merayakan keberhasilan Krosia mengalahkan Inggris pada semifinal Piala Dunia 2018. (doc. HNS)
6 dari 12 halaman

Bek kiri: Ashley Young (Timnas Inggris)

Bek Timnas Inggris, Ashley Young bermain bowling di pusat media Inggris di Repino, dekat St. Petersburg, Rusia, Senin (9/7). Inggris akan menghadapi Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2018. (PAUL ELLIS/AFP)
7 dari 12 halaman

Gelandang bertahan: Paulinho (Timnas Brasil)

Gelandang Brasil, Paulinho berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Serbai pada pertandingan grup E Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Rusia (27/6). Brasil menang 2-0 atas Serbia dan melaju ke babak 16 besar dengan poin 7. (AP Photo/Rebecca Blackwell)
8 dari 12 halaman

Gelandang bertahan: Luka Modric (Timnas Kroasia)

Kapten Timnas Kroasia, Luka Modric. (AP Photo/Martin Meissner)
9 dari 12 halaman

Gelandang kanan: Eden Hazard (Timnas Belgia)

Gelandang Belgia, Eden Hazard mengontrol bola saat latihan jelang menghadapi Inggris pada grup G Piala Dunia 2018 di stadion Kaliningrad, Rusia (27/6). Belgia telah mengumpulkan 6 poin sama seperti Inggris di grup tersebut. (AP Photo/Alastair Grant)
10 dari 12 halaman

Gelandang serang: Antoine Griezmann (Timnas Prancis)

Pemain timnas Prancis, Antoine Griezmann mencium trofi Piala Dunia 2018 saat merayakan gelar juara setelah mengalahkan Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Prancis membekuk Kroasia dengan skor akhir 4-2 (AP Photo/Matthias Schrader)
11 dari 12 halaman

Gelandang kiri: Neymar (Timnas Brasil)

1. Neymar - Kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus membuat Real Madrid ngotot mendatangkan sang bintang Brasil. Namun PSG pasti akan meminta bayaran selangit jika Los Blancos ingin mendatangkan pemain andalannya tersebut. (AFP/Benjamin Cremel)
12 dari 12 halaman

Penyerang: Kylian Mbappe (Timnas Prancis)

Striker Timnas Prancis Kylian Mbappe Prancis merayakan trofi Piala Dunia 2018. Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 pada laga final di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). (Foto AP / Matthias Schrader)

Sumber: Sport, Twitter 

Berita Terkait