Keuntungan dan Kerugian Penghentian Sementara Liga 1 2018

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 27 Sep 2018, 06:45 WIB
Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, duel udara dengan striker Persija Jakarta, Marko Simic, pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, akibat dikeroyok suporter Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018), berdampak panjang pada Liga 1 2018. PSSI resmi menghentikan sementara kompetisi elite Indonesia itu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Advertisement

"PSSI menghentikan sementara Liga 1 senior di 18 klub sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Edy saat konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

Penghentian sementara Liga 1 2018 dilakukan PSSI untuk fokus pada penyelidikan kematian Haringga Sirla. PSSI juga ingin duduk bersama pemerintah, klub, dan kelompok suporter untuk membahas sanksi tegas demi mencegah hal serupa terulang di kemudian hari.

Namun, penghentian sementara Liga 1 2018 ini menimbulkan pro dan kontra. Pihak yang mendukung menyebut penghentian ini sebagai momen yang tepat untuk mengevaluasi penyelenggaraan Liga 1.

Situasi seperti ini tidak boleh terulang di dunia sepak bola. Hal tersebut sangat tragis karena terjadi di saat seseorang ingin memberikan dukungan kepada klub kebanggaannya.

Lantas, apa saja untung rugi penghentian sementara Liga 1 2018? Bola.com mencoba merangkum keuntungan dan kerugian penghentian sementara Liga 1 2018 jelang pekan ke-24.

2 dari 3 halaman

Keuntungan

Antusias Bobotoh saat mendukung Persib Bandung melawan Mitra Kukar pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018). Persib Bandung menang 2-0. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

1. Momentum buat PSSI, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator Liga 1 2018, klub-klub peserta, dan kelompok-kelompok suporter, dan juga pihak kepolisian untuk duduk bersama. Sudah saatnya dibuat aturan yang jelas untuk mengatur Standar Operasional Prosedur (SOP) pertandingan terutama soal pengamanan.

2. PSSI harus membuat aturan yang jelas dan tegas terkait pencegahan dan kejadian seperti ini terulang di dunia sepak bola Indonesia. Sanksi tak boleh tebang pilih agar semua pihak bersedia bahu membahu melakukan pencegahan.

3. Momentum tepat buat suporter sepak bola di seluruh Indonesia agar bisa lebih dewasa. Berikan dukungan dengan positif melalui adu kreatif nyanyian dukungan dan koreografi.

3 dari 3 halaman

Kerugian

Pemain Persija Jakarta tampak kecewa usai ditaklukkan Persib Bandung pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

1. Penghentian sementara Liga 1 2018 membuat jadwal menjadi mundur. Liga 1 2018 dijadwalkan berakhir pada 2 Desember. Adanya penghentian ini memunculkan potensi jadwal pertandingan mengganggu agenda Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

2. Pihak klub harus mengeluarkan finansial lebih besar karena mundurnya akhir musim Liga 1 2018.

3. Kredibilitas klub di mata sponsor berpotensi rusak. Penghentian sementara Liga 1 2018 berpeluang merusak kerja sama yang sudah dibangun klub dan sponsor.

Berita Terkait