Deretan Catatan Unik Menyambut Boxing Day Liga Inggris

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 25 Des 2018, 12:04 WIB
Liga Inggris

Jakarta Para pemain di klub-klub Liga Inggris seperti biasa tidak akan bisa merayakan Natal dengan liburan. Pasalnya, sehari setelah libur 25 Desember, mereka harus kembali merumput untuk klub masing-masing dalam partai Boxing Day.

Ya, tak seperti liga-liga Eropa lainnya yang libur. Inggris tetap memutar kompetisi sehari setelah Hari Natal. Tradisi yang disebut Boxing Day ini telah berlangsung lebih dari 100 tahun lalu.

Advertisement

Sejatinya, Boxing Day merupakan tradisi membuka kado di Hari Natal. Namun keinginan untuk menonton sepak bola selepas hari Natal membuat kompetisi tetap diputar, sehari setelah Natal.

Untuk Boxing Day musim ini sendiri bakal dilangsungkan tujuh pertandingan. Partai Fulham Vs Wolverhampton Wanderers akan jadi yang pertama.

Namun yang paling ditunggu barangkali adalah partai Leicester City Vs Manchester City, dan Liverpool Vs Newcastle United. Pasalnya, Manchester City dan Liverpool saat ini berada di garis paling depan dalam perburuan gelar juara Liga.

Liverpool saat ini memimpin klasemen dengan 48 poin. Sementara, Manchester City di peringkat kedua dengan 44 poin.

 

2 dari 3 halaman

Manchester United Vs Huddersfield Town

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Cardiff pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

Selain dua partai itu, partai Manchester United (MU) Vs Huddersfield Town juga layak dinantikan, terutama oleh fans MU, Suporter Setan Merah pastinya penasaran dengan kelanjutan debut manis Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer MU,.

Seperti diketahui, Solskjaer baru saja dilantik menggantikan Jose Mourinho yang dipecat. Pada debutnya akhir pekan lalu, Solskjaer membawa MU menang telak 5-1 atas Cardiff City.

Sebelum menyaksikan partai tersebut, berikut fakta-fakta menarik Boxing Day Liga Inggris, dihimpun dari berbagai sumber.

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Boxing Day di Liga Inggris

1. Partai resmi Boxing Day pertama kali berlangsung pada musim 1888/89 antara Derby County Vs Preston North End. Di partai itu, Derby County menang 5-0.

2. Partai Fulham Vs Ipswich Town di musim 1962/63 hingga kini menjadi partai Boxing Day dengan jumlah gol terbanyak yakni 11 gol.

3. Boxing Day musim 1962/63 menjadi pertandingan dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris dengan 66 gol.

4. Boxing Day juga menjanjikan beberapa kejutan. Di musim lalu misalnya, Arsenal harus kalah 1-2 dari Brighton Albion, sementara Chelsea digulung1-4 oleh Watford City.

5. Manchester United menjadi klub Liga Inggris tersukses di Boxing Day. Dari 93 partai Boxing Day sejak 1888, MU telah memenangkan 51 di antaranya.

Berita Terkait