Pelatih Persebaya Beri Sinyal Rekrut Pemain Terbaik Piala AFC 2017

oleh Aditya Wany diperbarui 05 Feb 2019, 16:20 WIB
Persebaya_Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Surabaya - Teka-teki pemain Asia yang sedang didekati oleh Persebaya mulai terkuak. Beberapa kali, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menyebutkan pemain Asia incarannya berasal dari Asia. Kini, dia membuka opsi pemain itu dari negara lain. 

Rumornya, Persebaya akan merekrut pemain Timnas Tajikistan, Manuchekhr Dzhalilov. Gelandang berusia 28 tahun itu sesuai dengan ciri-ciri pemain Asia yang dalam incaran Persebaya. Musim lalu, Dzhalilov sudah berkarier di Indonesia dengan bergabung Sriwijaya FC. 

“Dia pernah main di Indonesia, posisinya gelandang. Dilihat saja besok (Rabu), mungkin akan datangan ke lapangan. Mudah-mudahan. Biar jadi kejutan apakah dia berasal dari Asia Barat atau Australia,” kata Djadjang Nurdjaman kepada awak media, Selasa (5/2/2019).

Advertisement

Sosok gelandang yang pernah merumput di Indonesia itu sudah sesuai dengan data infomasi Dzalilov. Demikian halnya dengan disebutkan sebagai pemain Asia Barat. Meski sebenarnya, Tajikistan masuk Asia Tengah, kemungkinan yang dimaksud oleh Djadjang Nurdjaman adalah Dzalilov. 

Alberto Goncalves dan Manuchekhr Dzhalilov menepis isu keretakan. (Dok Bola.com)

Secara terpisah, Manajer Persebaya, Candra Wahyudi juga enggan memastikan bahwa Dzalilov adalah pemain yang dimaksud oleh Djanur.  “Pokoknya pemain asing Asia. Ditunggu saja. Yang jelas sudah datang satu pemain lagi. Mungkin besok sudah ikut latihan,” ucapnya.

Dzhalilov memiliki catatan yang cukup apik selama bergabung Sriwijaya FC. Dia telah membukukan 30 penampilan dan menyumbang 7 gol di Liga 1 2018. Catatannya lebih impresif saat dia membela Istiklol, klub asal Negaranya.

Istiklol merupakan klub raksasa Tajikistan yang telah menjuarai 7 edisi liga domestik. Tiga edisi di antaranya, 2015, 2016, dan 2017, berhasil disabet saat Dzhalilov menjadi pemain. 

Pada musim 2017, klub yang berdiri pada 2007 itu berhasil mencapai partai puncak Piala AFC. Sayangnya, mereka kalah 0-1 dari wakil Iraq, Al Quwa Al Jawiya. Nama Dzhalilov kemudian keluar sebagai pemain terbaik turnamen kasta kedua antarklub Asia tersebut.

Berita Terkait