FOTO: Leeds United dan 3 Klub yang Sempat Berjaya Kini Alami Keterpurukan

oleh Bola diperbarui 01 Apr 2019, 16:00 WIB
Tidak ada yang mengetahui masa berjaya dan terpuruknya karier klub sepak bola di dunia. Terdapat masanya klub sepak bola kini alami kejayaan dengan prestasi mentereng namun tiba-tiba bisa saja terpuruk. (Kolase Foto AFP)
1. Leeds United - Klub yang sempat ditakuti di pentas Eropa. Buktinya Leeds pernah menembus final Piala Champions pada tahun 1975 dan semifinal 2001. Namun pada pertengahan 2000an, tim ini mengalami keterpurukan. (AFP/Andrew Yates)
Pemain bintang pada saat itu macam Rio Ferdinand harus meninggalkan tim tersebut. Kini Leeds berada di papan atas Championship dan memiliki peluang untuk tampil di Premier League musim depan. (AFP/Paul Barker)
2. Nottingham Forest - Klub Inggris yang disegani pada era 70an karena gelar yang diraih pada masa tersebut. Tercatat Nottingham Forest meraih dua gelar Liga Champions pada musim 1978-79 dan 1979-80. (AFP/Oli Scarff)
Tak hanya itu klub besutan Brian Clough tersebut juga meraih gelar Premier League musim 1977/78. Namun kini Nottingham Forest tengah berjuang bertahan di divisi Championship akibat keterpurukan finansial. (AFP/Oli Scarff)
3. Genoa FC - Memang nama Genoa FC tak terdengar asing oleh penikmat sepak bola Italia, terlebih dunia. Namun Genoa FC pernah merasakan kejayaan pada era 1989-1924. (AFP/Miguel Medina)
Klub yang berasal dari kota Genoa di Italia tersebut sudah merasakan sembilan gelar juara Serie A, lebih banyak dibandingkan AS Roma maupun Napoli. Namun karena finansial, klub ini masih berjuang bertahan di kasta Serie A. (AFP/Miguel Medina)
4. FC Kaiserslautern - Satu dari sedikit klub yang mampu menjuarai liga domestik yang berstatus sebagai tim promosi pada musim 1997/98. Prestasi inilah yang membuat nama FC Kaiserslautern begitu diingat oleh suporter Bundesliga. (AFP/Daniel Roland)
Tujuh musim sebelumnya FC Kaiserslautern raih kejayaan dengan merengkuh tropi Bundesliga. Pada tahun 2000an, FC Kaiserslautern menurun dan bermain di kasta kedua, dan musim 2018/19, tim untuk kali pertama mentas di kasta ketiga. (AFP/Daneil Roland)

Berita Terkait