Determinasi Atlet Wushu Indonesia untuk Mengibarkan Merah Putih pada SEA Games 2019

oleh Aditya Wicaksono diperbarui 03 Des 2019, 05:30 WIB
Atlet wushu Indonesia yang akan berlaga pada final Sanda putra SEA Games 2019, yaitu Laksamana Pandu, Ade Permana dan Yusuf Widiyanto. (dok. KONI)

Bola.com, Manila - Tiga atlet wushu Indonesia siap perang demi mengibarkan Merah Putih pada laga final Sanda putra SEA Games 2019 menghadapi tuan rumah Filipina. Laga final tersebut akan diadakan di World Trade Center (WTC) Manila pada Selasa (3/12/2019).

Tiga atlet wushu yang dimaksud adalah Ade Permana, Laksamana Pandu dan Yusuf Widiyanto. Tiga atlet tersebut tampil di kelas berbeda.

Advertisement

Ade Permana turun di kelas 48kg. Ia mengalahkan wakil Myanmar, Aung Myo Tun, pada laga semifinal dengan skor 2-0.

Laksamana Pandu yang turun di kelas 52kg, menang atas Khavy dari Laos dengan skor yang sama. Hasil serupa juga diraih Yusuf Widianto yang turun di kelas 56kg. Ia mengalahkan wakil Vietnam, Van Y Nghiem, dengan skor 2-0.

Ade Permana akan berhadapan dengan Jessie Mandigal Aligaga pada laga final nanti. Ade menyadari kalau Jessie memiliki keuntungan sebagai wakil dari tuan rumah.

"Saya sudah mempelajari permainan Jessie Mandigal. Dan, saya sudah siap 'perang' untuk bisa merebut medali emas," kata Ade Permana.

"Ya, Jessi memang sudah berpengalaman. Tapi, saya tidak akan pernah gentar menghadapinya. Dan, saya sudah menyiapkan strategi," tegas Ade.

Laksamana Pandu juga menunjukkan semangat serupa. Ia akan menghadapi Amel Rosa dari Filipina. Pandu mengatakan kalau ia sudah mempelajari performa calon lawannya tersebut.

"Saya memang tidak sempat berhadapan dengan Amel Rosa di China lalu karena saat itu Indonesia hanya dapat jatah lima atlet saja. Tetapi, saya tidak pernah gentar dengan prestasinya itu. Dan, saya juga sudah mempelajari seluruh pertandingannya, Kita lihat saja nanti. Yang pasti, saya akan tampil habis-habisan demi mewujudkan keinginan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada SEA Games 2019," kata Laksamana Pandu.

2 dari 2 halaman

Demi Merah Putih

SEA Games 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

Hal yang sama juga dilontarkan peraih perunggu Asian Games Jakarta-Palembang 2018, Yusuf Widiyanto. Ia akan menghadapi Francisco Solis dari Filipina.

"Ya, saya juga akan tampil habis-habisan. Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa merebut medali emas," timpalnya.

Pada pertandingan semifinal SEA Games 2019, Indonesia menempatkan lima petarung. Dua perarung lagi yakni Rosalinda yang turun di kelas 48kg putri harus mengakui ketangguhan atlet Vietnam Thi Chinh Nguyen dengan skor 2-0. Lalu, Abdul Haris dikalahakan wakil Thailand, Kitisak dengan skor 2-1 di kelas 65kg.