SEA Games 2019: Kontingen Indonesia Makin Berjaya, Sambo dan Judo Sumbang 4 Medali Emas

oleh Rizki Hidayat diperbarui 06 Des 2019, 16:42 WIB
Logo Sea Games 2019 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, San Fernando - Pundi-pundi medali emas kontingen Indonesia terus bertambah pada hari keenam pasca-pembukaan SEA Games 2019. Teranyar, atlet judo dan sambo berhasil mempersembahkan empat medali emas untuk Indonesia.

Dari cabang olahraga Judo, medali emas pertama dipersembahkan Gede Soethama pada kelas -100kg putra. Menjalani pertandingan final di LausGroup Event Centre, San Fernando, Jumat (6/12/2019), Gede mampu mengalahkan judoka asal Singapura, Low Yilong.

Advertisement

Medali emas selanjutnya direngkuh I Gede Wardana yang tampil pada final kelas +100kg putra. I Gede berhasil mengatasi perlawanan judoka asal Malaysia, Muhammad Ruzaini Abdul Razak.

Keberhasilan dua judoka asal Bali tersebut membuat judo telah meraih empat medali emas SEA Games 2019. Dua medali sebelumnya direngkuh Iksan Apriyadi yang turun pada kelas 73kg putra dan Ni Kadek Pandini pada kelas 57kg putri.

Dua medali juga diraih atlet sambo Indonesia, yakni Fajar yang tampil pada kelas combat sambo 57kgs putra dan Ridwan Ridha pada kelas sport sambo -80kgs putri.

Menjalani pertandingan final di Angeles University Foundation, Angeles City, Fajar menang meyakinkan 11-3 atas atlet tuan rumah, Rene Catalan. Sementara itu, Ridha mampu mengalahkan Prawiset Chatthayaporn asal Thailand dengan skor 3-2.

2 dari 4 halaman

10 Medali Emas

Agus Domosarjito (kiri) meraih medali emas dan Totok Tri Martanto (kanan) merebut podium kedua cabor menembak nomor air pistol silhouette SEA Games 2019. (PB Perbakin)

Dengan tambahan empat medali tersebut, kontingen Indonesia telah merengkuh 10 medali emas pada Jumat (6/11/2019). Sebelumnya, medali emas dipersembahkan dari atletik, modern pentathlon, menembak, tenis, kayak, dan kano.

Medali emas atletik diraih Agus Prayogo dari nomor maraton, untuk modern pentathlon disumbangkan Dea Salsabila Putri pada nomor beach triathle individual, sedangkan menembak direngkuh Agus Domosarjito pada nomor Mixed Metallic Silhouette Air Pistol (B).

Sementara itu, medali emas dari tenis diraih Aldila Sutjiadi yang tampil pada nomor tunggal putri, disusul Maizir Ryondra pada nomor kayak single 1.000 meter, serta Anwar Tara dan Yuda Firmansyah yang menyumbangkan medali emas dari kano pada nomor doubles 1.000 meter.

3 dari 4 halaman

Nyaman di Peringkat Kedua

Atlet canoe Indonesia, Maizir Ryondra, melakukan selebrasi usai tampil pada nomor 1000 meter SEA Games 2019 di Subic, Filipina, Jumat (6/12). Dirinya berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 3 menit 55,841 detik. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Hasil ini membuat kontingen Indonesia telah mendulang 121 medali, dengan perincian 38 medali emas, 38 medali perak, dan 45 medali perunggu.

Indonesia pun nyaman berada di peringkat kedua klasemen sementara perolehan medali. Kontingen Merah-Putih tertinggal 31 medali emas dari Filipina yang berada di urutan teratas, dan unggul dua medali emas atas Vietnam di peringkat ketiga.

Klasemen perolehan medali SEA Games 2019 hingga Jumat (6/12/2019) pukul 16.30 WIB.

4 dari 4 halaman